Jamaah Haji Diingatkan Tidak Berfoto Bersama Unta

id Jamaah,Haji,kepri,embarkasi,hang,nadim,batam,Berfoto,Bersama,Unta

Suhu udara di sana pada siang hari bisa mencapai 43 derajat Celcius, lebih panas dari suhu rata-rata di Riau, oleh karena siapkan air minum secukupnya
Batam (Antara Kepri) - Penjabat Bupati Bengkalis, Provinsi Riau, Ahmad Syahharrofie mengingatkan jamaah calon haji agar tidak melakukan swafoto bersama unta agar terhindar dari virus penyakit berbahaya.

"Sesuai dengan peringatan dari Kementerian Kesehatan foto bareng hewan unta mengandung risiko dapat tertular virus yang berasal dari hewan Timur Tengah itu," kata Ahmad Syahharrofie saat melepas jamaah calon haji dari kabupatennya di Batam, Kepri, Senin.

Ketimbang berswafoto bersama unta, lebih baik memanfaatkan waktu untuk memaksimalkan ibadah di Tanah Suci.

Ia juga menasihati jamaah untuk mengantisipasi cuaca panas di Arab Suci, dengan air minum, obat dan perlindungan yang dibutuhkan.

"Suhu udara di sana pada siang hari bisa mencapai 43 derajat Celcius, lebih panas dari suhu rata-rata di Riau, oleh karena siapkan air minum secukupnya," katanya.

Penjabat Bupati Bengkalis juga meminta jamaah untuk meluruskan niat ibadah hanya karena Allah SWT, serta mengerjakan ibadah dengan sabar dan ikhlas.

Ia juga meminta seluruh jamaah mendoakan kampung halaman agar menjadi daerah yang aman dan damai.

"Berdoalah sebanyak-banyaknya agar dengan pilkada nanti kita mendapatkan pemimpin yang diridhoi oleh Allah SWT," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Muharman, mengatakan ibadah haji merupakan perjalanan yang melelahkan. Meski begitu Rukun Islam ke-5 itu juga memuat kekuatan yang besar.

"Perjalanan yang dimulai hari ini merupakan perjalanan yang panjang. JCH bukan untuk melaksanakan ibadah semata, melainkan juga sebagai duta yang harus menjaga martabat bangsa," ucapnya.

Sementara itu, hingga hari ini, lebih dari 3.000 calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam telah diberangkatkan ke Madinah dalam tujuh kelompok terbang.

Embarkasi Batam memberangkatkan 8.911 orang yang terdiri atas 795 orang asal Kepri (kloter 1 dan 15), 4.036 JCH Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 JCH Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 JCH Jambi (kloter 16-20). (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE