Kapal Tabrak Jembatan Dua Barelang

id Kapal,tugboat,Tabrak,Jembatan,Barelang,batam

Kami bersama, sejumlah nelayan yang mengetahui peristiwa itu langsung menuju lokasi kejadian menggunakan kapal kecil. Namun pada saat tiba di lokasi, tugboat tersebut sudah meninggalkan jembatan
Batam (Antara Kepri) - Jembatan Dua Barelang mengalami kerusakan pada bagian tiang penyangga akibat ditabrak kapal tunda (Tugboat) yang melintas pada bawah jembatan tersebut.

"Tugboat Harlina 123 tersebut menabrak jembatan pada Kamis (27/8) lalu sekitar pukul 01.00 WIB. Akibatnya, dinding penyangga tiang itu mengalami retak dan pecah," kata Sekretaris Gerakan Pemuda Hinterland (GPH) Norimat di Jembatan Dua Barelang, Selasa.

Ia mengatakan, tugboat yang sedang menarik tongkang muatan batu bara itu menabrak jembatan dua diduga karena mesin tugboat mati sehingga terseret terbawa arus hingga menabrak satu tiang penyangga.

"Kami bersama, sejumlah nelayan yang mengetahui peristiwa itu langsung menuju lokasi kejadian menggunakan kapal kecil. Namun pada saat tiba di lokasi, tugboat tersebut sudah meninggalkan jembatan," kata dia.

Kapal tersebut, kata dia, terus berjalan menuju PLTU Tanjung Kasam, Telaga Punggur sebelum berhasil di hentikan.

"Awalnya kapten kapal berkilah telah menabrak jembatan dua ini. Tetapi dari bekas di tongkang yang penyok, mereka tidak bisa berkilah. Agen kapal akhirnya mengakui kalau tongkang mereka menyerempet dinding tiang penyangga jembatan," kata Norimat.

Agen Tugboat, Salman yang dihubungi membenarkan kejadian penabrakan tiang jembatan tersebut, menurutnya sudah tidak ada masalah, karena telah dilaporkan ke pihak terkait.

"Sudah tidak ada masalah lagi, Kami sudah laporkan ke Syahbandar," kata dia.

Hingga saat ini, kondisi tiang penyangga yang tertabrak belum ada perbaikan.

Direktur Humas dan Promosi BP Batam Purnomo Andiantono membenarkan kejadian tersebut.

"Iya memang ada. Saat ini sedang dilakukan koordinasi untuk mengetahui jenis kapal yang menabraknya," kata dia.

Purnomo mengatakan, informasi yang diterima baru sebatas kejadian penabrakan yang terjadi pada jembatan dua Barelang. Sementara jenis dan kapal yang menabraknya belum diketahui secara pasti. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE