PDAM Kurangi Jam Operasional Distribusi Air Tanjungpinang

id PDAM,Kurang,Jam,Operasional,Distribusi,Air,sei,pulai,Tanjungpinang

Pengurangan jam operasional disebabkan kondisi tinggi muka air Waduk Sei Pulai mencapai minus 53 cm. Kondisi ini sudah cukup kritis
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kepri mengurangi jam operasional distribusi ke pelanggan di Kota Tanjungpinang mulai 30 Agustus 2015, sebab sumber air baku kini dalam keadaan kritis akibat kemarau.

"Pengurangan jam operasional disebabkan kondisi tinggi muka air Waduk Sei Pulai mencapai minus 53 cm. Kondisi ini sudah cukup kritis," kata Direktur PDAM Tirta Kepri Abdul Khaliq di Sei Pulai Tanjungpinang, Selasa.

Kondisi Sei Pulai yang kritis, menurut dia disebabkan beberapa faktor antara lain peluang hujan masih rendah, sedangkan hujan yang terjadi hanya berskala lokal dan tidak merata.

Selain itu, lanjutnya hutan di kawasan resapan air yang berada di hulu Waduk Sei Pulai rusak. Selain itu, gangguan juga terjadi di daerah aliran air yang bermuara di Waduk Sei Pulai.

Untuk mengatasi kekurangan debit air tersebut, PDAM Tirta Kepri melakukan penjadwalan distribusi air pada beberapa kawasan di Kota Tanjungpinang.

Dari instalasi pengolahan air Sei Pulai didistribusikan ke rumah pelanggan selama 18 jam hidup berada di kawasan Jalan Rawasari, Jalan Kompleks Polri KM 8, Jalan Tugu Pahlawan, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Wiratno, Jalan Pantai Impian, Jalan Lembah Purnama dan Jalan Pramuka.

Kawasan lainnya yang jam operasional pendistribusian air 48 jam hidup dan 48 jam mati berada di Jalan Sei Jang dan sekitarnya, Jalan Ahmad Yani, Jalan MT Haryono, Jalan Sultan Mahmud, Kompleks Pertamina KM 8, Perum Kuantan Indah, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Ir Sutami.

Sementara distribusi air dari instalasi pengolahan air Sei Gesek selama 72 jam hidup dan 24 jam mati berada di kawasan Jalan DI Panjaitan, Jalan Gatot Subroto, Jalan RE Martadinata, Jalan Peralatan dan Jalan RH Fisabilillah.

Untuk mengantisipasi kekurangan debit air tersebut, PDAM Tirta Kepri juga telah dan akan mengoptimalkan Waduk Sei Pulai dengan melakukan pengerukan seperti tahun 2010 dan 2011.

"Kami juga melakukan koneksi jaringan pipa distribusi utama dari pipa Gesek ke pipa PCM di Bintan Center, merencanakan distribusi air baku dari Sungai Gesek dan Kolong Enam Kijang ke Sungai Pulai, dan mencari sumber-sumber alternatif air baku," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE