IPMKN Yogya Gelar Donor Darah

id IPMKN,Yogya,natuna,pemuda,mahasiswa,Donor,Darah

IPMKN Yogya Gelar Donor Darah

Seorang mahasiswa anggota IPMKN sedang mendonorkan darahnya. (antarakepri.com/Zam Jambak)

Hasil transfusi darah melebihi target, yakni yang direncanakan sebanyak 20 kantong darah, namun hasilnya sebanyak 27 kantong darah
Natuna (Antara Kepri) - Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kabupaten Natuna (IPMKN) Yogyakarta menggelar bhakti sosial berupa donor darah di Gedung Atraksi Budaya Bandarsyah, Kecamatan Bungurun Timur, Kabupaten Natuna, Rabu.

Ketua panitia bhakti sosial ke-9 IPMKN Kabupaten Natuna Yoggakarta, Leo menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut digelar bekerja sama dengan PMI, RRI, Dinas Kesehatan, Rumah sakit dan Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna.

"Sebanyak 50 pendonor telah mendaftar untuk dilayani, dan juga kami telah menyiapkan 6 orang petugas medis dari Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna.

Keenam petugas medis tersebut kata dia, terdiri dari 1 orang dokter, 4 perawat dan 1 orang Bidan. Namun kata dia, yang lolos dari pemeriksaan kesehatan dan pengukuran darah hanya sebanyak 25 orang.

Sementara itu kepala UTD Rumah Sakit Natuna, Novi mengatakan, bahwa dalam donor darah kali ini, diperoleh sebanyak 27 kantong darah terdiri dari 2 kantong golongan A, 5 kantong golongan B, 1 kantong golongan AB dan 17 golongan darah 0.

"Hasil transfusi darah melebihi target, yakni yang direncanakan sebanyak 20 kantong  darah, namun hasilnya sebanyak 27 kantong darah," kata Novi.

Sementara itu, Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Natuna, Iskandar Pohan mengatakan kegiatan donor darah ini sudah diagendakan empat kali dalam satu tahun.

"Artinya sekali tiga bulan dilakukan donor darah dengan melibatkan organisasi dan masyarakat umum," kata dia.

Disamping kata dia, PMI cabang Natuna juga melakukan pemeriksaan darah secar gratis bagi warga. Dan bagi yang telah mendonorkan darah sudah 20 kali diberikan penghargaan.

Usai pendonor mengikuti transfusi darah, panitia langsung memberikan vitamin dan makanan bergizi, berupa satu papan telur ayam, dua kaleng susu kental manis dan makanan ringan lainnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE