Dinkes Lingga Bagikan Masker kepada Masyarakat

id Dinkes,Lingga,Masker,Masyarakat,kabut,asap

Dinkes Lingga Bagikan Masker kepada Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Lingga Ignasius Luti mengenakan masker kepada salah seorang warga dalam kegiatan bagi-bagi masker secara gratis untuk mengantisipasi dampak kabut asap terhadap kesehatan. (antarakepri.com/Ardhi)

Jika menunggu dari Pemkab Lingga, entah kapan kita baru bisa memberikan masker gratis kepada masyarakat, karena saat ini Pemkab sedang mengalami defisit anggaran
Lingga (Antara Kepri) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga, membagikan masker secara gratis kepada masyarakat di simpang Wisma Ria, Dabo Singkep agar dipakai untuk mengurangi dampak kesehatan dari kabut asap yang makin pekat menyelimuti wilayah setempat dalam sepekan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ignasius Luti, di sela pembagian masker itu pada Selasa mengatakan, kabut asap menyebabkan banyak warga terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), apalagi terhadap warga yang alergi, batuk serta mengidap penyakit pernapasan lainnya sehingga lebih mudah terkena ISPA.

“Memang benar banyak warga dirawat di puskesmas karena terkena ISPA. Kita mengimbau masyarakat untuk memakai masker kalau keluar rumah,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi bertambahnya penderita ISPA, dikatakan Luti, Dinkes Lingga melalui bantuan Dinkes Provinsi Kepri berinisiatif umembagikan masker kepada masyarakat secara gratis meskipun jumlahnya terbatas.

“Jika menunggu dari Pemkab Lingga, entah kapan kita baru bisa memberikan masker gratis kepada masyarakat, karena saat ini Pemkab sedang mengalami defisit anggaran," kata dia.

Luti menjelaskan, untuk pengadaan masker secara gratis, kami telah mengusulkan permintaan masker ke Dinkes Provinsi Kepri, karena Pemkab Lingga tidak menganggarkan akibat defisit anggaran dalam APBD.

“Dengan pembagian masker gratis terhadap masyarakat, kita beharap ada pihak lain yang juga ikut membagikan masker gratis kepada masyarakat, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Pantauan Antara, Kadinkes beserta jajarannya aktif membagikan masker, dan menyosialisasikan dampak kabut terhadap kesehatan kepada pengendara yang melewati simpang Wisma Ria Dabo Singkep. Kisan Jaya. Camat Singkep terlihat turut ambil bagian dalam kegiatan sosial tersebut. (Antara)

Editor: Rusdianto


Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE