Kontraktor Diminta Bertanggungjawab Ambruknya Jembatan Dompak

id Jembatan,dompak,ambruk

Kontraktor Diminta Bertanggungjawab Ambruknya Jembatan Dompak

Jembatan Dompak ambruk (Foto: Saud MC)

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri, Heru Sukmono meminta kontraktor proyek Jembatan 1 bertanggung jawab atas ambruknya sebagian kontruksi sisi tengah jembatan yang terjadi sekitar pukul 17:00WIB (2/10).

"Jembatan itu harus dibangun kembali dan masih menjadi tanggung jawab kontraktor," tegas Kepala PU Kepri, Heru, Jumat.

Menanggapi permasalahan tersebut, P.U Kepri meminta Lapi ITB untuk melakukan investigasi mencari penyebab ambruknya sebagian kontruksi jembatan yang terletak di tengah laut perairan Dompak tersebut.

"Rencananya besok (3/10), akan ada tim ahli dari Lapi ITB melakukan investigasi langsung ke lapangan mencari penyebab ambruknya jembatan," ujar Heru.

Setelah investigasi, akan dilakukan analisa ulang, mencari jalan keluar serta alternatif melanjutkan pembangunan jembatan Dompak tersebut.

"Bagaimana jalan keluarnya, apakah ada alternatif lain atau metode-metode lain yang lebih mudah dan aman sehingga pembangunan jembatan ini tetap berlanjut," ucapnya.

Menurut Heru, ambruknya jembatan Dompak tidak sampai memakan korban, akan tetapi dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan evakuasi lebih lanjut terhadap kejadian yang dikategorikannya sebagai musibah tersebut.

"Kami berharap, kontaktor atau konsultan menelaah kembali, kenapa ini bisa terjadi, apakah keteledoran, sengaja, atau bagaimana. Yang jelas, kami akan terus melakukan pemantau," kata Heru.

Telaah yang dimaksud untuk mengukur, apakah jembatan tersebut bisa rampung pada akhir tahun 2015 ini, sebagaimana yang ditargetkan mantan Gubernur Kepri Sani, atau harus diperpanjang. Sementara itu, pihak kontraktor PT Wijaya Karya, sampai saat ini belum berhasil dihubungi. (Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE