Mendagri Larang Satpol PP Cuti Jelang Pilkada

id Mendagri,kepri,Larang,Satpol,PP,Cuti,Jelang,Pilkada

Anggota Satpol PP senantiasa harus bisa meningkatkan profesionalisme dalam bekerja, membangun sinergisitas serta komunikasi yang baik terhadap elemen masyarakat serta instansi-instansi pemerintahan yang lain
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Penjabat Gubernur Kepulauan Riau Agung Mulyana menyatakan bahwa Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo melarang anggota Satuan Polisi Pamong Praja mengambil cuti menjelang penyelenggaraan pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

"Seluruh anggota Satpol PP di 269 daerah di Indonesia, termasuk Kepri yang menyelenggarakan pilkada serentak dilarang untuk cuti menjelang pilkada," katanya saat dihubungi dari Tanjungpinang, Jumat.

Dia menjelaskan bahwa Mendagri menyampaikan kebijakan itu saat membuka kegiatan Jambore Nasional Pol PP II/2015 di Lapangan Tembak, Sport Hall Jakabaring, Sumatera Selatan.

Satpol PP dilarang cuti saat tujuh  hari sebelum pemungutan suara dan dan tujuh  hari setelah hari pemungutan. Tugas utama mengamankan tempat-tempat  vital yang ada di daerah, kantor-kantor pemerintahan dan juga menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak.

"Anggota Satpol PP senantiasa harus bisa meningkatkan profesionalisme dalam bekerja, membangun sinergisitas serta komunikasi yang baik terhadap elemen masyarakat serta instansi-instansi pemerintahan yang lain," ujarnya saat mengikuti acara jambore tersebut.

Dia mengatakan, Satpol PP harus bersikap netral dalam pilkada. Satpol PP tidak boleh berpihak kepada salah satu kontestan dalam pilkada.

"Netralitas ini harus ditunjukkan selama jalannya pilkada. Kalau ingin mendengarkan kampanye, lepas atribut yang ada," ujarnya.

Agung Mulyana yang juga Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri menambahkan bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari yang diikuti sebanyak 1500 anggota Satpol PP dari seluruh Indonesia.        

Tema yang diangkat adalah "Melalui Kegiatan Jambore Nasional Satpol PP, Kita Tingkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia Polisi PP dan Kebanggaan Korps Praja Wibawa".

"Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan Kota Palembang serta seluruh panitia pusat dan daerah yang sudah bertungkus lumus menyiapkan kegiatan ini. Semoga apa yang kita harapkan dari kegiatan ini bisa kita capai," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE