PDAM Daik Lingga Gilir Penyaluran Air Warga

id PDAM,Daik,Lingga,Gilir,Penyaluran,Air,Warga

Untuk sementara waktu, kita masih bisa bertahan dengan air Lubuk Fatimah. Tapi, kalau saja hujan tidak turun selama dua minggu ke depan, kita akan kewalahan
Lingga (Antara Kepri) - PDAM Daik Lingga mengeluarkan kebijakan pergiliran distribusi air mulai Minggu (11/10) malam untuk mengatasi minimnya ketersediaan air di bak penampungan.

Pimpinan PDAM Daik Lingga Hidayat, di Daik, Senin, menuturkan, PDAM telah mengeluarkan kebijakan tersebut mengingat dan menimbang ketersediaan air minim.

"Mulai tadi malam, kita alirkan secara bergiliran. Kita mulai dari kampung Cening, Seranggung, dan sekitarnya. Untuk nanti malam, Senin (12/10), kita alirkan ke wilayah Sawah Indah, Kampung Tande, dan Pasar dari pipa aliran air sebelah kanan," kata dia.

Untuk hari berikutnya, Hidayat melanjutkan, PDAM akan alirkan ke wilayah lain yang belum mendapat giliran. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga beberapa minggu ke depan, sampai turun hujan.

"Untuk sementara waktu, kita masih bisa bertahan dengan air Lubuk Fatimah. Tapi, kalau saja hujan tidak turun selama dua minggu ke depan, kita akan kewalahan," kata dia.

Dari pantauan Hidayat, saat ini debit air di Lubuk Fatimah masih akan jadi andalan PDAM hingga dua minggu kedepan.

Namun, untuk mengantisipasi ketersediaan air setelah dua minggu ke depan, pihaknya berencana mensuplai air yang ada di Lubuk Emas. Itupun, kalau pemerintah dapat membantu memfasilitasi rencana pemasangan pompa air cadangan di Lubuk Emas.

"Kita berharap pemerintah membantu kita menangani permasalahan ini," tuturnya.

Dia menerangkan, debit air di Lubuk Emas, yang letaknya tak jauh dari perkantoran pemerintah Kabupaten Lingga, cukup potensial sebagai sumber air cadangan. Hanya saja lokasi tersebut, belum dilengkapi fasilitas seperti di Lubuk Fatimah.

"Kita sangat berharap perhatian Pemkab. Kalau ada bantuan, bisa kita bangun di sana segera," tutupnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE