Karimun-BPJS Teken MoU Program JKN

id Karimun,aunur,rafiq,bupati,BPJS,Teken,MoU,Program,JKN,jaminan,sosial,kesehatan

Program JKN yang dimiliki BPJS Kesehatan, termasuk Jamkesda dan KIS diharapkan membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan
Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menandatangani nota kesepahaman atau "memorandum of understanding" (MoU) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Batam terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

MoU tersebut ditandatangani Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Kepala BPJS Kesehatan KCU Batam Budi Setiawan, dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-16 Kabupaten Karimun di rumah dinas bupati, Tanjung Balai Karimun, Senin.

Peningkatan kerja sama melalui MoU tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan program unggulan nawacita ke-5 pemerintahan dalam Program JKN bidang kesehatan, kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama (KCU) Batam Budi Setiawan.

Kerja sama yang ditandatangani kedua belah pihak itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahap pertama oleh Bupati Aunur Rafiq sebagai identitas bagi peserta Program JKN.

Budi Setiawan menjelaskan, jumlah penerima KIS dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Kabupaten Karimun sebanyak 2.636 kepala keluarga, dengan rincian 3.951 jiwa untuk KIS dan 7.000 jiwa untuk Jamkesda.

"KIS dapat digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara komprehensif pada fasilitas kesehatan dengan sistem rujukan secara berjenjang berdasarkan indikasi medis," tuturnya.

KIS, lanjut dia, merupakan kartu identitas bagi peserta JKN yang terdaftar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Kartu tersebut secara bertahap menggantikan kartu JKN BPJS Kesehatan. "Kartu lama bisa digunakan sampai ada penggantian kartu baru," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi BPJS Kesehatan yang terus berupaya meningkatkan pelayanan Program JKN bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Program JKN yang dimiliki BPJS Kesehatan, termasuk Jamkesda dan KIS diharapkan membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," kata dia.

Pemkab Karimun, menurut dia, memberikan perhatian penuh dalam mensosialisasikan program JKN sebagai bagian dari upaya menanggulangi kemiskinan yang kesulitan mendapat akses pelayanan kesehatan yang layak.

Penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana dan sejumlah pejabat provinsi maupun kabupaten setempat. (Antara)

Editor:  Tunggul Susilo

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE