BMKG: Gelombang Laut Anambas Capai 2,5 Meter

id BMKG,Gelombang,Laut,Anambas

Nelayan dan nakhoda kapal harus mewapadai gelombang laut yang cukup tinggi di Natuna dan Anambas. Gelombang terendah diperkirakan hanya 1,3 meter
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Gelombang laut di perairan sekitar Kepulauan Anambas dan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau mencapai 2,5 meter, kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Tanjungpinang Dhira Utama.

"Nelayan dan nakhoda kapal harus mewapadai gelombang laut yang cukup tinggi di Natuna dan Anambas. Gelombang terendah diperkirakan hanya 1,3 meter," ujarnya di Tanjungpinang, Jumat.

Sementara tinggi gelombang laut di perairan sekitar Tanjungpinang dan Batam mencapai 1 - 1,5 meter. Dalam kondisi ini, penumpang kapal tidak merasa nyaman.

Sedangkan tinggi gelombang lain di perairan Bintan dan Lingga mencapai 2 meter. Tinggi gelombang laut terendah di sekitar Bindan dan Lingga mencapai 1 meter.

"Dalam kondisi seperti itu, nelayan tradisional dan nakhoda kapal juga harus mewaspadainya," ujarnya.

Berdasarkan pantauan citra satelit pada pagi tadi terjadi "shearline" atau daerah belokan angin di perairan di sekitar Kepri. Kondisi ini menyebabkan terjadinya perlambatan massa udara yang akan menumbuhkan awan konvektif, yang mulai terbentuk pada siang-sore hari.

"Diperkirakan terjadi hujan ringan hingga sedang yang disertai petir bersifat lokal pada siang hingga sore hari," ujarnya.

Terkait titik api, Dhira menjelaskan berdasarkan pantauan melalui Satelit Terra dan Aqua pada pagi hari ini terdapat 14 titik api di Sumatra dan 16 titik api di Kalimantan.

"Dari pengamatan,  jarak pandang mendatar normal untuk beraktivitas," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE