Bupati Karimun akan Lanjutkan Program Kesejahteraan Guru

id Bupati,Karimun,insentif,Program,Kesejahteraan,aunur,rafiq,pgri

Pemerintah daerah menyadari masih banyak PR yang belum selesai, terkait program peningkatan kesejahteraan dan kompetensi guru. Kami akan lanjutkan program tersebut sebagai bagian dari program itu
Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun, Kepulauan Riau, Aunur Rafiq mengatakan akan melanjutkan program peningkatan kesejahteraan dan kompetensi guru sebagai implementasi satu dari empat program Kabupaten Karimun yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Pemerintah daerah menyadari masih banyak PR yang belum selesai, terkait program peningkatan kesejahteraan dan kompetensi guru. Kami  akan lanjutkan program tersebut sebagai bagian dari program itu," kata dia usai memimpin upacara HUT PGRI dan Hari Guru ke-70 di Kantor Bupati Karimun, Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Aunur Rafiq menegaskan, beberapa program yang akan dilanjutkan adalah insentif untuk para guru, bahkan dia berencana untuk menaikkan insentif guru bidang studi, salah satunya guru agama yang belum berstatus pegawai negeri sipil, dan merupakan tenaga honor di lingkungan Pemkab Karimun.

Insentif dan tunjangan kesejahteraan untuk para guru, termasuk guru honor menjadi atensi bagi pihaknya untuk dijabarkan dalam anggaran 2016. Dia mengatakan guru yang bertugas di daerah terpencil juga menjadi perhatian agar sejahtera dan betah mengajar di daerah perkampungan kawasan pesisir.

"HUT PGRI dan Haru Guru ke-70 adalah momentum bagi kita untuk membuktikan bahwa guru adalah pendidik yang menjalankan amanah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemerintah daerah berkewajiban untuk meningkatkan kesejahteraan para guru yang disesuaikan dengan kondisi anggaran," ucapnya.

Peringatan Haru Guru, menurut dia, pada tahun ini dilaksanakan bersama-sama dengan HUT PGRI yang memiliki arti penting bahwa guru adalah guru pembelajar, menjadi contoh tentatif ketangguhan, optimisme dan keceriaan.  

Aunur Rafiq saa memimpin upacara HUT PGRI dan Hari Guru juga menyampaikan pentingnya kebersamaan untuk maju di kalangan guru, sesuai dengan tema HUT PGRI dan Hari Guru 2015, "Memantapkan Soliditas dan Solidaritas PGRI Sebagai Guru Yang Kuat dan Bermartabat".

Dalam upacara yang dihadiri para guru, siswa, pramuka dan sejumlah pejabat itu, dia mengatakan, sekolah yang menyenangkan bukan sekolah tanpa tantangan, tetapi sekolah yang menawarkan berbagai pilihan dan tingkatan guru dan siswa.

"Sekolah menyenangkan hanya bisa terwujud jika guru juga terus belajar dan berkarya. Seperti lonceng masuk sekolah sebuah, sebuah petualangan menyenangkan di sekolah," ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau seluruh guru agar bertugas dengan tulus dan ikhlas untuk mewujukan generasi pembelajar yang terus menerus memberikan sumbangsih dan dedikasinya kepada masyarakat maupun lingkungan.

"Guru adalah garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mewakil seluruh komponen bangsa," katanya.

HUT PGRI dan Hari Guru di Kabupaten Karimun juga diperingati dengan berbagai kegiatan seperti kegiatan lomba untuk siswa, donor darah dari kalangan guru dan kegiatan lainnya. (Antara)

Editor: Nusarina Yuliastuti

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE