BP Batam Tingkatkan Kompetensi Calon Pegawai Tetap

id BP,Batam,diklat,Kompetensi,Calon,Pegawai,Tetap

Dengan sistem diklat yang baru ini Biro SDM mengharapkan para calon pegawai tetap bisa membawa BP Batam lebih baik lagi. Mereka merupakan calon pemimpin BP Batam nantinya
Batam (Antara Kepri) - Sebanyak 60 calon pegawai tetap Badan Pengusahaan Batam mengikuti Diklat Orientasi Pegawai Baru 2015 untuk meningkatkan kompetensi pegawai lembaga yang bertugas mengelola Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam tersebut.

"Dengan sistem diklat yang baru ini Biro SDM mengharapkan para calon pegawai tetap bisa membawa BP Batam lebih baik lagi. Mereka merupakan calon pemimpin BP Batam nantinya," kata Pelaksana Harian Kepala Biro SDM BP Batam, Abdul Salam di PIH Batam, Rabu.

Diklat tersebut berlangsung selama 5 hari dengan empat hari kegiatan di dalam kelas dan sehari kegiatan pembangunan karakter diluar ruangan.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang berasal dari internal BP Batam dan sudah mendapatkan "training of fasilitator" terlebih dahulu dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

"Kegiatan ini terus kami lakukan setiap tahun karena merupakan salah satu persyaratan utama untuk para calon pegawai dapat diangkat sebagai pegawai tetap," kata dia.

Perbedaan dari diklat tahun sebelumnya adalah dari segi materi dan sistem pelatihan yang diterapkan saat ini.

"Kami ini pelaksanaan yang bersifat on-off, yang artinya penilaian tidak hanya dilakukan pada saat di dalam kelas saja namun para calon pegawai setelah mengikuti diklat tetap akan melakukan aktualisasi diri di lingkungan kerjanya masing-masing," kata Salam.

Ia berpesan kepada peserta agar nantinya melaksanakan apa yang sudah di pelajari di dalam kelas dan menjadikan suatu perubahan yang lebih baik lagi.

Seusai pelatihan, peserta harus bisa menghasilkan suatu perubahan ke arah yang lebih baik salah satunya adalah disiplin.

"Leadership atau kepemimpinan tidak hanya ditentukan oleh 'intelligence' atau intelegensi seseorang saja. Melainkan 80 persen kepemimpinan justru ditentukan oleh 'attitude' atau sikap dalam managerial kepemimpinan itu sendiri," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE