Pemkab Karimun Cairkan Insentif Ketua RT

id Pemkab,Karimun,Insentif,Ketua,RT,rw

Insentif adalah bentuk terima kasih dan penghargaan kepada ketua RT dan RW dalam membantu pemerintah. Ketua RT dan RW adalah ujung tombak pemerintah di lingkungannya
Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menyalurkan dana sebagai insentif bagi 1.478 ketua rukun tetangga dan rukun warga yang dicairkan setiap tiga bulan selama 2015.

Bupati Karimun Aunur Rafiq di Tanjung Balai Karimun, Kamis mengatakan total anggaran untuk insentif ketua RT dan RW dalam APBD 2015 sebesar Rp3.214.650.000 dengan ketentuan insentif yang diterima setiap ketua RT atau ketua RW sebesar Rp475.000 per triwulan.

"Insentif adalah bentuk terima kasih dan penghargaan kepada ketua RT dan RW dalam membantu pemerintah. Ketua RT dan RW adalah ujung tombak pemerintah di lingkungannya," kata dia.

Aunur Rafiq mengatakan, ketua RT atau RW berperan dalam berbagai aspek kehidupan sosial, memiliki fungsi pelayanan administasi kepemerintahan, misalnya memfasilitasi warga mengurus identitas kependudukan. Ketua RT dan RW juga berfungsi untuk menjaga keamanan dan ketertiban dengan memupuk warga untuk hidup rukun secara bertetangga.

Dia mengemukakan bahwa Ketua RT dan RW juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sosial di lingkungannya, berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Ketua RT dan RW, menurut dia, juga berperan penting dalam menangkal berbagai ancaman dan gangguan keamanan, mulai dari tindak pidana umum seperti narkoba sampai ancaman terorisme dan radikalisme yang dapat mengganggu keutuhan NKRI.

"Tugas ketua RT dan RW cukup berat, insentif yang diberikan setiap tiga bulan memang masih kecil dan tidak seberapa nilainya. Saya tahu persis peranan RT dan RW sangat berat, sebelum jadi bupati juga sudah mengalaminya. Namun demikian, kami harapkan menjadi pemotivasi untuk mengabdikan diri kepada masyarakat," tuturnya.

Ia meminta seluruh ketua RT/RW terus berkarya dan berbuat untuk masyarakat dan lingkungan. Pengabdian yang tulus ketua RT dan RW dalam melayani warganya, menurut dia, akan mewujudkan bangsa yang maju dan tertib.

"Jika setiap RT dan RW sudah bagus, masyarakatnya akan tertib dan patuh pada hukum. Kami yakin Karimun ini akan maju pesat berkat kekompakannya warganya," kata dia lagi.

Aunur Rafiq dalam beberapa hari terakhir melakukan kunjungan kerja ke kecamatan ke pulau-pulau untuk membagikan insentif ketua RT dan RW, antara lain ke Kecamatan Meral, Kundur Utara, Kundur, Moro dan Durai.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Karimun Dwiyandri Kurniawan menjelaskan, insentif tahun anggaran 2015 diberikan kepada 1.478 ketua RT dan RW.

Dwiyandri memerinci, ketua RT/RW di Kecamatan Karimun yang menerima insentif sebanyak 178 orang, Kundur 196 orang, Meral 149 orang, Tebing 97 orang, Kundur Barat 155 orang, Kundur Utara 136 orang, Buru 93 orang, Moro 188 orang, Ungar 70 orang, Belat 93 orang, Meral Barat 74 orang, dan Kecamatan Durai 49 orang.

"Semua ketua RT dan RW di setiap kecamatan telah kami serahkan insentifnya, kecuali untuk Kecamatan Karimun dan Tebing yang masih menunggu kesempatan bupati untuk menyerahkannya," kata dia. (Antara)

Editor: Nusarina Yuliastuti

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE