Rumbadi Dalle "Tempo" Raih Gelar Magister Hukum

id Rumbadi,Dalle,Tempo,Magister,Hukum

Rumbadi Dalle "Tempo" Raih Gelar Magister Hukum

Rumbadi Dalle, wartawan senior Tempo berpose bersama istri tercint usai diwisuda. (antarakepri.com/Istimewa)

Saya akan membuka kantor advokat
Batam (Antara Kepri) - Wartawan senior Majalah "Tempo" daerah penugasan Kepulauan Riau dan Singapura Rumbadi Dalle SH (58) meraih gelar Magister Ilmu Hukum di Universitas Internasional Batam dengan indeks prestasi kumulatif 3,82 atau berpredikat dengan pujian (cum laude).

Rumbadi, pria kelahiran Prabumulih, Sumatera Selatan, 13 November 1956, menjadi salah seorang dari 85 lulusan S-2 (Magister), 374 lulusan S-1 dan 15 wisudawan D-III yang dalam Sidang Terbuka Senat dilantik Rektor Universitas Internasional Batam (UIB) Prof Dr Handoko Karjantoro, di Batam, Kamis.

Bulan ini bagi Rumbadi bukan hanya menggenapi usia ke-58 tahun dan menandainya dengan capaian akademik jenjang S-2, melainkan juga untuk memulai praktik kepengacaraan sebab di Pekanbaru pada 9 November diangkat sumpahnya sebagai advokat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau Yohanes Ether SH, MHum.

"Saya akan membuka kantor advokat," katanya, "dan berkeinginan menempuh studi doktor di luar negeri."

Ia menyatakan belum berpikir meninggalkan profesi lama sebagai wartawan, meski kelak sibuk selaku advokat.

Rumbadi sejak beberapa tahun ini menjadi dosen di almamater sarjana strata satunya, Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam. "Saya ingin terus menimba dan membagikan ilmu," ujarnya.

UIB yang didirikan Yayasan Marga Tionghoa Indonesia Kota Batam, pada wisuda ke-11, 26 November 2015, melantik 476 lulusan jenjang S-2, S-1 dan D-III sehingga total alumni universitas swasta tersebut kini berjumlah 3.053 orang.

Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Ganefri menyatakan, dari 243 perguruan tinggi swasta di Sumbar, Jambi, Riau dan Kepri yang mengelola 826 program studi (prodi), hanya UIB yang seluruh prodinya sudah 100 persen berakreditasi A dan B.

Berdasarkan hasil reakreditasi, Prodi Ilmu Hukum dan Akuntansi UIB berakreditasi A, sedangkan empat prodi lainnya, yaitu Manajemen, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Sistem Informasi berakreditasi B.

Ganefri memuji Yayasan Marga Tionghoa Indonesia Kota Batam yang menaungi UIB dengan pola nirlaba.

Ia mendorong UIB dan segenap lulusannya melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya baik di dalam maupun luar negeri, serta memublikasikan karya-karya ilmiah di jurnal terindeks internasional sehingga Indonesia kelak tidak di bawah Singapura dan Malaysia dalam hal tersebut.

Ketua Yayasan Marga Tionghoa Indonesia Kota Batam Soehendro Gautama SH MHum menjelaskan, UIB dengan label internasional terus berupaya berpartisipasi membangun negara dan bangsa di bidang pendidikan.

Sumbangsih itu diselenggarakan bersama donatur dan lembaga penyedia beasiswa, serta dengan beberapa kampus luar negeri antara lain di Malaysia, Thailand, Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan.

"Wisudawati berprestasi pada hari ini, Kristie Onasis SE, menerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDM) Kementerian Keuangan untuk melanjutkan studi S-2 di Universitas Wollongong, Australia," katanya.

Kristie adalah alumni SMKN-3 Pontianak, Kalbar. Sebagai mahasiswi Prodi S-1 Manajemen UIB, ia lulus tepat waktu dengan IPK 3,89, dan semasa kuliah, prestasinya antara lain juara II Khatulistiwa English Debate Competition, dan Juara II Duta Bahasa tingkat Nasional dan Kepri tahun 2014.

Soehendro mengatakan, di antara 476 wisudawan baru, empat orang lulus tepat dengan nilai tertinggi di bidangnya. Mereka, masing-masing dari Program Magister Manajemen Santi Yopi SE, MM, CMA (IPK 3,86, alumni SMKN 1 Tanjungpinang, Kepri), Program Magister Hukum Winsherly Tan SH MH (IPK 4,0, alumnus SMA Yos Sudarso Batam), Program Magister Bidang Eksakta Sunarto ST dari Prodi S-1 Teknik Sipil (IPK 3,85, alumni SMAN 2 Pangkalpinang, Bangka), dan Program Sarjana Sosial Ivone SE (IPK 4.00, alumni SMAN 1 Tanjungpinang). (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE