BMKG Tanjungpinang: Waspadai Angin Kencang

id BMKG,Tanjungpinang,Waspada,Angin,Kencang,cuaca

Waspadai awan hitam tebal yang menyebabkan terjadinya angin kencang dan petir
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat setempat dan Kabupaten Bintan mewaspadai hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Waspadai awan hitam tebal yang menyebabkan terjadinya angin kencang dan petir," kata Kepala BMKG Tanjungpinang Dhira Utama di Tanjungpinang, Jumat.

Saat ini, menurut dia terjadi perlambatan pergerakan massa udara di Pulau Bintan (Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan) sehingga berpotensi menyebabkan pertumbuhan awan konvektif.

Diprakirakan kondisi cuaca pada Jumat sore berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang disertai petir, meski masih bersifat tidak merata.

"Suhu udara 24-31 derajat celcius," ujarnya.

Sementara tinggi gelombang laut di sekitar perairan Natuna dan Kepulauan Anambas mencapai 1-2,5 meter, Bintan dan Lingga 1-2 meter, sedangkan di perairan Tanjungpinang dan Batam 0,5-2 meter.

Kondisi gelombang laut perlu diwaspadai karena cukup tinggi terutama di Kepulauan Anambas dan Natuna.

"Kami mengimbau masyarakat serta pengguna transportasi darat, laut dan udara agar waspada terhadap potensi hujan disertai petir dan angin kencang yang terjadi secara tiba-tiba dan umumnya terjadi pada siang hari," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE