BI Gelar Pesta Wirausaha Dorong Transaksi Nontunai

id BI,bank,indonesia,Pesta,Wirausaha,Dorong,Transaksi,rupiah,Non,tunai

Kita juga ingin mendorong retail untuk menggunakan nontunai. Jadi selama pameran, UMKM akan mendorong penggunaan nontunai
Batam (Antara Kepri) - Bank Indonesia Kepulauan Riau mendorong peningkatan transaksi keuangan nontunai di Batam melalui Pesta Wirausaha, yang melibatkan usaha mikro, kecil dan menengah dan sejumlah bank yang beroperasi di kota itu.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra di Batam, Jumat, mengatakan kegiatan yang diselenggarakan di Dataran Engku Putri 28-29 November 2015 untuk memperkenalkan sekaligus mendekatkan transaksi nontunai ke masyarakat.

 Selama pameran, seluruh transaksi harus dilakukan dengan nontunai. Bisa dengan kartu kredit, debet, "e-money mobile phone" dan kartu-kartu fasilitas nontunai lainnya.

Lima bank akan ikut serta memfasilitasi pembayaran nontunai dalam kegiatan itu, yaitu BRI, BNI, Mandiri, CIMB Niaga dan BCA.

"Kita juga ingin mendorong retail untuk menggunakan nontunai. Jadi selama pameran, UMKM akan mendorong penggunaan nontunai," ucapnya.

Sekira 200 UMKM bidang kuliner, busana, pariwisata, otomotif dan IT memastikan ikut serta dalam pameran itu.

"Yang membedakan pameran ini dari kegiatan pameran sebelum-sebelumnya, yaitu transaksi, harus dilakukan dengan nontunai. Jadi tidak ada yang tunai," tuturnya.

Selain mendorong transaksi nontunai, Pesta Wirausaha itu juga demi mendorong perkembangan dan pertumbuhan "entrepreneur".

Wirausaha perlu didorong untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Jika ingin menjadi negara lebih maju, kita harus memiliki inovasi. Inovasi itu biasanya muncul dari para enterpreuner," kata Gusti.

Ketua Panitia Pesta Wirausaha, Gunawan menargetkan terjadi transaksi nontunai sekurang-kurangnya Rp500 juta selama pameran.

"Target transaksi kami berharap dari kuliner Rp500 juta dan target pengunjung sekitar 5.000 orang, dengan 200 'stand' (saung) yang kami siapkan," tambahnya.

Bersamaan dengan pameran, BI juga menyelenggarakan lomba mewarnai, senam dan membuat tumpeng, juga seminar. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE