Penderita HIV di Karimun Bertambah 114 Orang

id Penderita,kasus,HIV,kpa,Karimun,aids

Penderita HIV di Karimun Bertambah 114 Orang

Seorang aktivis peduli bahaya HIV/AIDS membagikan brosur berisikan informasi seputar HIV/AIDS kepada penumpang angkutan umum di Tanjung Balai Karimun, Selasa (1/12). Komisi Penanggulangan AIDS Karimun bagikan brosur dan pita logo KPA untuk mengisi pe

Penderita HIV sebanyak itu kita temukan berdasarkan tes HIV kepada 15.200 orang selama periode Januari-Oktober 2015, meningkat dibandingkan 2014 sebanyak 80 kasus
Karimun (Antara Kepri) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyebutkan, jumlah penderita HIV di daerah itu selama 2015 bertambah menjadi 114 orang, lebih tinggi dibandingkan 2014 sebanyak 80 orang.

"Penderita HIV sebanyak itu kita temukan berdasarkan tes HIV kepada 15.200 orang selama periode Januari-Oktober 2015, meningkat dibandingkan 2014 sebanyak 80 kasus," kata Sekretaris KPA Karimun Erwan Muharuddin saat memperingati Hari AIDS Sedunia, di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Erwan juga mengatakan, dari 114 orang positif HIV tersebut, sebanyak 7 orang merupakan ibu hamil, 30 ibu rumah tangga dan 10 anak-anak.

Dia menjelaskan, berdasarkan tes HIV kepada 15.200 orang tersebut, sebanyak 16 orang positif menderita AIDS.

"Kami belum mendapat laporan adanya penderita HIV/AIDS yang meninggal tahun ini," kata dia.

Jika dibandingkan dengan data dari Dinas Kesehatan, dia mengatakan, penderita HIV selama 2014 tercatat 80 kasus, sedangkan pengidap AIDS sebanyak 25 kasus, lebih tinggi dari 2015 sebanyak 16 kasus.

"Angka penderita HIV dan AIDS itu baru berdasarkan tes yang kita lakukan. Kami memperkirakan jumlahnya lebih banyak karena penularan wabah HIV/AIDS sangat cepat, ibarat gunung es," katanya.

Penularan HIV/AIDS di Karimun, menurut dia, makin meluas setiap tahun, tidak hanya menyerang berperilaku seks bebas, seperti wanita pekerja seks komersial atau masyarakat berpenghasilan rendah, tetapi juga merambah ibu rumah tangga dan pegawai negeri sipil.

Dia mengatakan, salah satu cara untuk menghindari wabah tersebut adalah berperilaku setia dengan pasangan, atau menghindari seks bebas.

Dia mengajak semua komponen masyarakat bersama-sama mencegah dan memerangi wabah HIV/AIDS. KPA Karimun juga meningkatkan kerja sama semua kelompok masyarakat, seperti pemerintah daerah, LSM, TNI/Polri, pegawai negeri, tukang ojek, pekerja seks dan lainnya untuk menyosialisasikan bahaya HIV/AIDS.

Dia juga mengatakan terus menggencarkan sosialisasi dan imbauan agar masyarakat berperilaku seks sehat dan mengajak masyarakat mendukung program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

''Strategi kami adalah melibatkan semua unsur elemen masyarakat. Dan melaksanakan program percepatan informasi dan edukasi HIV dan AIDS dengan keterlibatan semua unsur,'' tuturnya.

Dalam peringatan Hari AIDS Sedunia, KPA Karimun bersama sejumlah aktivis LSM peduli AIDS dan beberapa warga menyebarkan 1.500 brosur berisi informasi seputar bahaya HIV/AIDS serta pita berlogo KPA, kepada para pengguna jalan, pelabuhan serta pusat-pusat keramaian lainnya di Tanjung Balai Karimun. (Antara)

Editor: Sri Muryono

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE