Lima Pelabuhan Pelindo Dukung Tol Laut

id Pelabuhan,Pelindo,Dukung,Tol,Laut,tanjungpinang

Lima Pelabuhan Pelindo Dukung Tol Laut

Satu kapal dengan tulisan Tol Laut di lambung, bersandar di pelabuhan Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. (antarakepri.com/Saud)

Sebanyak lima pelabuhan itu ada di Pelindo I yakni Pelabuhan Malahayati di Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Belawan dan Kuala Tanjung di Sumatera Utara, Dumai di Provinsi Riau dan Batam di Provinsi Kepri
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sebanyak lima dari 24 pelabuhan di Indonesia yang ditetapkan pemerintah pusat untuk mendukung program tol laut berada di bawah naungan PT Pelindo I.

Asistant Corporate Secretary (ACS) Humas Pelindo I Medan, Eriansyah di Tanjungpinang, Rabu mengatakan Pelindo I sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ikut berperan mensukseskan program tersebut melalui penyediaan infrastruktur dermaga dan kepelabuhanan di wilayah barat.

"Sebanyak lima pelabuhan itu ada di Pelindo I yakni Pelabuhan Malahayati di Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Belawan dan Kuala Tanjung di Sumatera Utara, Dumai di Provinsi Riau dan Batam di Provinsi Kepri," katanya.

Menurut dia, Pelindo I menjadikan Pelabuhan Kuala Tanjung yang terletak di Kabupaten Batubara Sumut sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia yang sebelumnya juga telah ditetapkan sebagai pelabuhan penghubung Indonesia bagian barat.

"Pelabuhan tersebut menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia yang diterapkan oleh Presiden Joko Widodo pada Januari 2015 dan bakal menjadi pelabuhan yang mendukung segala aktifitas ekspor dan impor melewati Indonesia bagian barat," ujarnya.

Eriansyah mengemukakan posisi strategis Pelabuhan Kuala Tanjung yang terletak di Selat Malaka akan dioptimalkan untuk meraih peluang di selat tersibuk di dunia tersebut.

"Pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung sendiri sudah dimulai pada awal Mei 2015 dan ditargetkan rampung pada akhir 2016, jadi awal 2017 sudah bisa beoperasi," katanya.

Selain itu, lanjutnya Pelabuhan Malahayati di NAD juga turut disiapkan menjadi pelabuhan peti kemas.

Untuk Belawan, Pelindo I melakukan penambahan panjang pelabuhan sejauh 700 meter sebagai salah satu pelabuhan yang melayani aktifitas peti kemas.

Sementara pelabuhan di Dumai dikonsentrasikan Pelindo I menjadi pelabuhan terbesar CPO di Indonesia. Sedangkan Batam, akan dilakukan koordinasi bersama BP Batam untuk mengoptimalkan Pelabuhan Batu Ampar.

Seandainya lima pelabuhan tersebut rampung, Pelindo I berharap jalur tol laut  dari kawasan barat, masuk melalui Malahayati, Belawan dan Kuala Tanjung, Dumai lalu bergerak ke Jakarta, Surabaya, Makassar dan sampai ke Papua yang secara umum  melintasi semua wilayah dari Indonesia secara simultan.

"Artinya, dalam mensukseskan program tol laut, Pelindo I telah  menyiapkan segala semua infrastruktur di wilayah barat yang menjadi tanggung jawabnya," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE