Akses Transportasi Antarpulau Lingga Dapat Perhatian

id Akses,Transportasi,Antar,pulau,Lingga,dana,alokasi,khusus,dak,Perhatian,kapal,berhala,singkep,daik

Akses Transportasi Antarpulau Lingga Dapat Perhatian

Transportasi masyarakat pesisir Desa Bakong, Kabupaten Lingga saat ini masih belum memenuhi kelayakan, kenyamanan dan keamanan. (antarakepri.com/Ardhi)

Untuk tahun 2016 mendatang, salah satu kegiatan dengan DAK, yakni penyediaan fasilitas transportasi antarpulau
Lingga (Antara Kepri) - Dishubkominfo Lingga akan menyediakan transportasi laut antarpulau daerah setempat yang dibiayai dengan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat, kata Kepala Bidang Laut Dishubkominfo Lingga, Selamat S.Pi, Minggu.

Menurut Selamat, penyediaan fasilitas penghubung daerah kepulauan tersebut sudah sangat lama dirindukan masyarakat pesisir Lingga.

"Untuk tahun 2016 mendatang, salah satu kegiatan dengan DAK, yakni penyediaan fasilitas transportasi antarpulau," kata dia di Lingga.

Dia menjelaskan, kapal reguler antarpulau akan melayani wilayah kepulauan di Kecamatan Singkep Barat, menuju darat Pulau Singkep yakni, Sungai Buluh.

Sedangkan di Kecamatan Singkep Selatan, Dishubkominfo juga merencanakan akan menyediakan kapal yang melayani rute Pulau Berhala-Pulau Lalang dan sekitarnya.

"Kita menyiapkan kapal antarpulau dari dana DAK. Posek, Sungai Buluh dan sekitarnya dan di Singkep Selatan rutenya termasuk Pulau Berhala, tahun 2016 ini," tuturnya.

Dengan adanya akses antarpulau ini, menurut Selamat, akan memberikan kemudahan bagi masyarakat di pesisir serta mobilitas pemerintahan desa. Bahkan, dinilai fasilitas umum ini akan lebih ekonomis dan efesien bagi masyarakat. Selain itu, akses antarpulau ini beberapa waktu lalu juga menjadi perhatian Ombudsman.

Sementara untuk fasilitas lainnya, seperti pelabuhan bongkar muat Sungai Daik, yang mana pelabuhan milik pemkab itu kondisinya sudah tidak layak memenuhi fungsinya, Selamat katakan, pihaknya masih dalam tahap perencanaan.

Dia berharap, melalui APBD P 2016, pembangunan pelabuhan bongkar muat dapat terealisasi.

"Pelabuhan Sungai Daik, masih dalam perencanaan. Mudah-mudahan di 2017, sudah terealisasi. Kita juga akan berkoordinasi untuk navigasi dan pemasangan Pal di Sungai Daik," ungkapnya.

Dia menambahkan, meski kondisi keuangan kabupaten mengalami defisit, namun melalui bidang laut dan udara, pemkab Lingga akan terus berupaya membenah akses laut bagi masyarakat pesisir Lingga. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE