Pelindo I Siap Hadapi MEA

id Pelindo I Siap Hadapi MEA

Pelindo I Siap Hadapi MEA

Sejumlah petinggi Pelindo I saat berkunjung ke pelabuhan di Batam. (antarakepri.com/Larno)

diberlakukannya MEA ini, agar masyarakat Asean bisa dengan leluasa melaksanakan interaksi perdagangan antar negara ASEAN
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pelindo I  wilayah Riau Kepri di Medan siap menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dinyatakan dalam Rapat Dinas 2016 yang berlangsung sejak 19-21 Januari 2016.

Rapat Dinas yang mengusung tema “Dengan Optimalisasi Potensi Dan Peningkatan Efisiensi, Kita Tingkatkan Daya Saing Perusahaan Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” tersebut dilakukan Pelindo I di atas KM Kelud yang akan berlayar di sepanjang Perairan Selat Malaka, dari Belawan menuju Batam.

Mewakili Komisaris Utama Pelindo I, Icu Zukafril mengatakan, diberlakukannya MEA ini, agar masyarakat Asean bisa dengan leluasa melaksanakan interaksi perdagangan antar negara ASEAN. 

“Untuk itu manajemen harus melakukan strategi bisnis yang tepat, ekspansi bisnis, dan bersaing secara sehat. Perspektif  ekonomi global juga akan menjadi tantangan baru, yang harus dihadapi secara cermat dan akurat,” ujar Icu.

Selain mampu menciptakan loyalitas pelanggan melalui penerapan SLA dan SLG, Icu juga mengarahkan untuk meningkatkan profesionalitas SDM dan keandalan alat produksi, kualitas pengendalian internal dan memperbaiki lingkungan pengendalian.

"Pelindo juga harus mampu memberikan target yang realistis dan rasional pada masing-masing cabang dan unit bisnis serta mendorong upaya penetrasi pasar dan diversifikasi usaha melalui aliansi dengan anak perusahaan dan badan usaha lainnya," paparnya.

Sementara itu, menurut Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana, pertumbuhan ekonomi di wilayah ASEAN saat ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi dunia, dan sebagian besar Negara ASEAN akan melakukan penambahan kapasitas pelabuhan menjadi dua kali lipat pada lima tahun ke depan.

“Hal ini  tentu menjadi peluang bagi Pelindo I untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki, seperti potensi hinterland  di wilayah Pelindo I yang didominasi  oleh produk mineral dan palm oil serta perkembangan lahan dan pabrik kelapa sawit yang cukup signifikan,” ujar  Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana. 

Selain itu, potensi yang dapat dioptimalkan oleh Pelindo I adalah dengan mengoptimalkan kegiatan yang sudah ada dalam bisnis mid-stream logistik seperti penyediaan cold storage di Belawan, pembangunan terminal car di Belawan, berperan sebagai logistic provider, pembangunan terminal CPO  dan operator tanki timbun. 

Menurutnya, dalam meningkatkan daya saing perusahaan, Pelindo I perlu melakukan pembenahan dan perbaikan, yaitu SDM, Organisasi dan Budaya, IT dan Proses Bisnis. Dalam pilar SDM, akan dilakukan redisgn organisasi (fungsi, core business dan supporting), internalisasi nilai budaya CIPTa (Customer Focus, Intergrity, Profesionalism, dan Team Work), dan menjadikan SDM sebagai Strategic Partner. 

Sementara untuk pilar IT akan diterapkan IFRS, data governance, data warehouse dan internal control process, serta dalam pilar proses bisnis akan dibentuk unit shared service dan pembentukan fungsi business analyst. 

“Dengan adanya soliditas diantara seluruh pegawai dan jajaran direksi, menjadi modal awal yang kuat bagi Pelindo I untuk siap meningkatkan daya saing dan potensi yang ada,” ujar Bambang. 

Sementara ACS Humas Pelindo I, M. Eriansyah menambahkan bahwa Rapat Dinas ini berlangsung selama tiga hari, yang diisi dengan focus group discussion, seminar dan site visit. 

“Dalam Forum Group Discussion akan dibahas lima topik utama yaitu  SDM, proses bisnis, teknologi informasi, bisnis  dan governance. Sementara dalam sesi seminar, membahas tentang Corporate Branding dan Personal Branding dengan pembicara Anton DH Nugrahanto dan Zivanna Letisha," papar Eriansyah.(Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE