BMKG Imbau Transportasi Laut di Kepri Hati-hati

id BMKG,Transportasi,Laut,Kepri,cuaca,gelombang

Aktivitas kelautan dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap gelombang yang tinggi serta arus laut yang kuat di wilayah perairan Kepri
Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Batam mengimbau pengguna transportasi laut berhati-hati terhadap gelombang tinggi dan arus laut kuat di seluruh perairan Kepri, Minggu.

Prakirawan BMKG Batam Pande Made Rony Kurniawan mencatat, gelombang laut di perairan Natuna dan Anambas mencapai lim meter, di perairan Tanjungpinang Bintan 3,5 meter, di Lingga tiga meter serta Batam dan Karimun 1,5 meter.

Kecepatan arus laut di perairan Tanjungpinang Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas bahkan mencapai 95 cm per detik, Karimun 55 cm per detik dan Batam 70 cm per detik.

"Aktivitas kelautan dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap gelombang yang tinggi serta arus laut yang kuat di wilayah perairan Kepri," kata Pande.

BMKG memperkirakan cuaca di Kepri secara keseluruhan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan hingga sedang, yang terkadang disertai petir.

Adanya daerah pusat tekanan rendah di selatan Pulau Sumatera mengakibatkan terbentuknya pola belokan angin di atas wilayah Kepri.

Menurut Pande, hal itu menyebabkan adanya perlambatan massa udara yang mendukung terbentuknya awan. Apalagi didukung kelembaban udara yang relatif tinggi, menyebabkan potensi pertumbuhan awan konvektif di Kepri juga tinggi.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5 sampai 35 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Batam antara 25 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 65 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,3 sampai 1,5 meter.

Berbeda dengan Batam, cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan hujan ringan, siang berawan hujan ringan hingga sedang dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 30 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 98 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,3 sampai 3,5 meter.

Karimun pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 30 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 65 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,3 sampai 1,5 meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5 sampai 30 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 68 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,3 sampai 3 meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi hingga siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 45 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Natuna antara 26 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 72 sampai 90 persen. Dan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai lima meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 km per jam arah utara.

Suhu udara Anambas antara 26 sampai 30 derajat Celcius arah barat daya dengan kelembaban 70 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 0,5 sampai 5 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE