Pemekaran Kabupaten Natuna Menunggu Persetujuan Pusat

id Pemekaran,Kabupaten,Natuna,Menunggu,Persetujuan,Pusat,daerah,otonomi,baru,kepulauan,riau

Pemekaran Kabupaten Natuna Menunggu Persetujuan Pusat

Ketua Panitia Pembentukan kabupaten Natuna Barat , Mustamim (antarakepri.com/Lia Rais)

Kita sudah memenuhi itu, dan untuk pembentukan kecamatan kelima, alhamdulillah tinggal menunggu pengesahan Bupati saja, karena sudah ada undang-undangnya. Dan Kecamatan itu, Kecamatan Bunguran Batubi, setelah itu genaplah 5 kecamatan di wilayah Natun
Natuna (Antara Kepri) - Panitia pembentukan Kabupaten Natuna Barat dan Kabupaten Natuna Selatan sejauh ini masih menunggu persetujuan DPR RI dan Presiden untuk merealisasikan pembentukan dua daerah otonomi di Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Sementara itu, persetujuan Gubenur Propinsi Kepulauan Riau telah dikantongi kedua panitia, bahkan Gubernur telah mengusulkan kepada DPR untuk segera merealisasikan pembentukan 2 DOB di Kepri tersebut.

Ketua Umum Panitia Pembentukan Kabupaten Natuna Barat, Mustamim mengatakan, pihaknya telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan untuk membentuk Kabupaten Natuna Barat, terutama dengan menggenapkan jumlah 5 kecamatan seperti yang seharusnya.

"Kita sudah memenuhi itu, dan untuk pembentukan kecamatan kelima, alhamdulillah tinggal menunggu pengesahan Bupati saja, karena sudah ada undang-undangnya. Dan Kecamatan itu, Kecamatan Bunguran Batubi, setelah itu genaplah 5 kecamatan di wilayah Natuna Barat," ujar Mustamim, Selasa.

Sementara itu, DPRD kepri sendiri cukup mendukung wacana pembentukan dua DOB di Kepri ini, karena secara tidak langsung, kedua DOB tersebut termasuk dalam salah satu visi dan misi Gubenur Kepri yang hendak memekarkan Kepulauan Riau hingga 12 kabupaten kota.

Sekertaris Komisi 3 DPRD Kepri Sofyan Samsir, di Ranai kemarin mengatakan, pihak legislatif akan terus menggiring pembentukan kedua DOB tersebut.

"Seperti ketika pembentukan Kabupaten Kepulauan Anambas, demikian juga sikap kita dengan wacana pembentukan Natuna Barat dan Natuna Selatan. Kita akan terus kawal, " kata Sofyan di Ranai.

Dari 4 Usulan Daerah Otonomi Baru di Kepri diantaranya, Kabupaten Kepulauan Kundur, Kabupaten Natuna Barat, Kabupaten Natuna Selatan dan Kabupaten Bintan Utara, baru Kabupaten Kundur, Natuna Barat dan Natuna selatan yang telah masuk dalam hak inisiatif DPR RI pada 2014 lalu. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE