Danlanal Bantah Perairan Natuna Siaga 1

id Danlanal Bantah Perairan Natuna Siaga 1

Danlanal Bantah Perairan Natuna Siaga 1

Danlanal Bantah Perairan Natuna Siaga 1 (Lia Rais)

Sejauh ini kondisi pengawasan dan pengamanan diwilayah perairan Natuna masih normal, tidak ada penambahan kapal perang maupun pesawat tempur yang menjaga daerah ini, sebagaimana yang di beritakan.
NATUNA (Antara Kepri).Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, Kolonel Laut (P) Arif Badrudin membantah pemberitaan mengenai status Natuna yang dikabarkan dalam keadaan siaga 1, setelah terjadinya intimidasi oleh Angkatan Laut Tiongkok beberapa waktu lalu.

Intimidasi Tiongkok terjadi ketika Kapal Hiu Macan milik Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) menangkap kapal nelayan negara tersebut yang tengah melakukan pencurian ikan di perairan Natuna.

Menurut Danlanal, sejauh ini kondisi pengawasan dan pengamanan diwilayah perairan Natuna masih normal, tidak ada penambahan kapal perang maupun pesawat tempur yang menjaga daerah ini, sebagaimana yang di beritakan.

"Sebenarnya tidak separah itu. Buktinya adalah Pesawat TNI AU, juga tidak ada penambahan untuk hadir dilangit Natuna. Kalau sudah sering terdengar bunyi pesawat tempur dilangit kita berarti pengawasan sudah mulai ketat," kata Kol. Laut (P) Arif Badrudin.

Peristiwa tersebut menurut Arif terlalu dibesar – besarkan. Padahal itu bukanlah peristiwa pertama yang dialami di Natuna. Karena sekitar 2 tahun lalu Kapal perang AL Tiongkok juga sempat mengancam kapal PSDK dan TNI AL di Natuna yang tengah melakukan patroli pengamanan laut.

Sementara itu, setelah peristiwa beberapa pekan lalu itu sama sekali tidak mengganggu   hubungan bilatelateral kedua negara.

"Tidak benar, situasi politik kedua negara tetap baik dan tidak ada eskalasi, TNI AL tetap melaksanakan gelar operasi rutin sesuai dengan pola operasi yang telah diterapkan selama ini,” tandas Arif. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE