Desa Wisata Benan Dapat Waduk Mini

id Desa,Wisata,Benan,Waduk,Mini

Desa Wisata Benan Dapat Waduk Mini

Sejumlah pekerja sedang mengerjakan proyek waduk mini di Desa Benan, yang bersumber dari program Sanitasi Air Bersih Kementrian PU. (antarakepri.com/Ardhi)

Kita sangat senang, Kementerian PU mau membantu permasalahan tahunan warga Desa Wisata Benan ini, dengan mengarahkan programnya ke tempat kita
Lingga (Antara Kepri) - Pemerintah Desa Benan dapat bantuan pembangunan fasilitas waduk mini dari program sanitasi air bersih Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Waduk pengganti sumur itu, diperkirakan mampu mengatasi kendala ketersediaan air bersih Pulau Wisata Benan selama musim kemarau tahun ini.

Mar'at, Kepala Desa Benan mengatakan, pembangunan waduk mini ber ukuran sekitar 20x20 meter dengan kedalaman 10 meter tersebut, sudah mulai berjalan, dan diperhitungkan sudah selesai awal Mei.

"Kita sangat senang, Kementerian PU mau membantu permasalahan tahunan warga Desa Wisata Benan ini, dengan mengarahkan programnya ke tempat kita," kata dia, dihubungi dari Lingga.

Menurut Mar'at, sejatinya sebuah Destinasi Wisata memang harus ditunjang dengan fasilitas dasar seperti air dan listrik yang memadai.

Selama ini, hal itu belum mampu digarap secara optimal oleh Pemerintah Desa Benan maupun dari pihak daerah. Padahal, Pulau Benan punya sumber mata air yang mampu mencukupi kebutuhan tersebut.

"Seiring keinginan Bupati Lingga yang sekarang ini, Benan akan difasilitasi segala kebutuhan penunjang investasi wisata yang memadai, kita dari pemerintah desa juga sangat mendukung hal itu," tuturnya.

Dengan semangat kerja, kata Mar'at, pihaknya beberapa waktu lalu berinisiatif menyurati Satker Sanitasi Air Bersih, untuk membantu mengatasi permasalahan kebutuhan air masyarakat Desa Benan. Surat itu ditanggapi dengan baik oleh pihak Satker di provinsi.

"Setelah kita surati, mereka langsung turun ke Benan melakukan survey. Dan sekarang sudah mulai dibangun. Ternyata anggaran di atas itu banyak, tinggal kita lagi yang sanggup atau tidak untuk menjemputnya," ungkap Mar'at.

Terlepas dari usahanya mencarikan solusi kebutuhan air bersih warga, dikatakan Mar'at, dirinya masih tetap mengharapkan Bupati Lingga merealisasikan pembangunan waduk yang pernah diwacanakannya untuk Benan, saat Bupati berkunjung ke desa tersebut beberapa waktu lalu.

"Kalau daerah jadi membangun waduk besar, tahun 2017 mendatang, maka kendala air di Benan teratasi secara maksimal. Kami berharap itu dapat direalisasikan di tahun depan," tutupnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE