Perpustakaan BP Batam Dorong Minat Menulis

id Perpustakaan,BP,Batam,Dorong,Minat,Menulis

Perpustakaan BP Batam Dorong Minat Menulis

Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam melaksanakan kegiatan workshop penulisan buku dengan tema “Motivasi dan Ide Kreatif Menulis Buku”, Selasa (19/4) di lantai 4 Gedung B, IT Centre BP Batam, Batam Centre. Narasumber pada workshop ini adalah

Kegiatan ini diperlukan sebagai bagian dari program peningkatan minat baca dan tulis para pegawai BP Batam dan juga merupakan upaya untuk membantu pengembangan kemampuan SDM BP Batam
Batam (Antara Kepri) - Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam melaksanakan kegiatan penulisan buku dengan tema "Motivasi dan Ide Kreatif Menulis Buku" dengan tujuan lebih mendorong dan mengembangkan kemampuan dalam menulis buku.

"Kegiatan ini diperlukan sebagai bagian dari program peningkatan minat baca dan tulis para pegawai BP Batam dan juga merupakan upaya untuk membantu pengembangan kemampuan SDM BP Batam," kata Kepala Biro Umum dan Sekretariat BP Batam, Teuku M Rizasyah di Batam, Selasa.

Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 4 Gedung B, IT Centre BP Batam, Batam Centre tersebut, menghadirkan narasumber Joko Irawan Mumpuni, seorang penulis buku dan juga Direktur Andi Offset, Yogyakarta.

"Di BP Batam sebetulnya banyak pegawai yang berbakat untuk menulis, namun kemungkinan ada sedikit kesulitan di dalam mengembangkannya untuk menjadi sebuah buku. Karena itu diharapkan kegiatan ini akan membantu para pagawai teknik mengembangkannya. Semoga nanti akan muncul penulis-penulis andal dari BP Batam," kata dia.

Joko Irawan Mumpuni mengatakan, ide atau gagasan untuk menulis dapat berasal dari kemampuan pancaindera yang ada pada diri seseorang, yaitu mendengar, melihat, mencium, merasakan atau mengecap dan menyentuh.

"Dari kelima indera tersebut, seseorang akan mampu memulai dan menjelaskannya dalam sebuah tulisan," kata Joko yang juga dosen di beberapa perguruan tinggi.

Dalam workshop tiga sesi tersebut, Joko juga menjabarkan secara jelas mengenai prinsip-prinsip menulis, memahami kriteria penerbitan, cara menjadi penulis buku dan tips menjadi writingpreneur.

Sebelumnya, Kabag Sekretariat Arsip dan Perpustakaan, Wahyu Suci Rahayu menyampaikan, kegiatan ini diikuti para pegawai BP Batam dari berbagai unit kerja.

Pengunjung atau pemustaka di Perpustakaan BP Batam setiap bulan rata-rata mencapai 120 hingga 150 orang. Pada 2013 jumlah pengunjung mencapai 1.535 orang dan pada 2014 mencapai 1.412 orang. Di 2015, mencapai 1.912 orang.

Sedangkan pada triwulan pertama 2016 mencapai 1.348 pengunjung dari berbagai kalangan, tidak hanya para pegawai BP Batam, tetapi juga pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum di Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE