29 Pilkades di Karimun Masuki Tahapan Kampanye

id Pilkades,Karimun,Tahapan,Kampanye,pemilihan,kepala,desa

Masing-masing calon menyosialisasikan visi dan misinya kepada masyarakat selama tahapan kampanye ini. Masyarakat di masing-masing desa diberi kesempatan untuk menilai calon mana yang layak untuk dipilih
Karimun (Antara Kepri) - Sebanyak 29 pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar serentak di 29 desa Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, memasuki tahapan kampanye.

"Ada 101 calon kepala desa yang menggelar kampanye selama tiga hari, mulai hari ini sampai Jumat," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Karimun Dwiyandri Kurniawan di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Dwiyandri mengatakan, 101 calon kepala desa itu berkampanye dalam pilkades di 29 dari 42 desa di Kabupaten Karimun.

Tahapan kampanye dan aturannya, menurut dia, disusun masing-masing panitia pilkades namun tidak berbeda dengan aturan kampanye pilkada, baik kampanye berupa pemasangan atribut, maupun kampanye terbuka, monologis dan dialogis.

"Masing-masing calon menyosialisasikan visi dan misinya kepada masyarakat selama tahapan kampanye ini. Masyarakat di masing-masing desa diberi kesempatan untuk menilai calon mana yang layak untuk dipilih," kata dia.        

Dia menjelaskan, masa tenang usai tahapan kampanye juga ditetapkan selama tiga hari, dilanjutkan dengan pemungutan suara secara serentak pada Selasa (3/5) di masing-masing desa.

Setiap desa yang menggelar pilkades, menurut dia, masing-masing menyiapkan rata-rata 4 hingga 5 tempat pemungutan suara (TPS) untuk warganya yang memiliki hak untuk memilih. Pemilih dapat menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat, mulai pukul 07.30 sampai 13.00 WIB.

"Jumlah TPS tergantung jumlah penduduk di setiap desa, namun rata-rata empat sampai lima TPS," ujar dia.

Berdasarkan pantauannya, tahapan kampanye 29 pilkades tersebut berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Dia berharap pilkades serentak tersebut melahirkan kepala desa yang dapat memajukan desanya. Masyarakat pemilih juga dia harapkan beramai-ramai menyalurkan hak pilihnya sebagai bagian dari peran aktif menyukseskan pesta demokrasi.

"Pesta demokrasi tingkat desa itu bisa sukses jika didukung peran aktif masyarakatnya," katanya lagi.

Pilkades serentak yang baru pertama kali di Kabupaten Karimun, lanjut dia, merupakan implementasi dari otonomi desa, bahwa desa memiliki kewenangan untuk memilih kepala desa secara demokratis. (Antara)

Editor: Nurul Hayat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE