Pemkab Lingga Data Ulang LSM dan Ormas

id Pemkab,Lingga,Data,Ulang,LSM

Pemkab Lingga Data Ulang LSM dan Ormas

Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar (antarakepri.com/Ardhi)

Kita tidak ingin nanti bantuan pemerintah kepada LSM atau OKP tidak tepat sasaran. Kita minta lah, kepada mereka (pengurus kelembagaan) untuk menggelar kembali Musda. Bentuk kepengurusan yang jelas
Lingga (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Lingga mendata ulang keberadaan seluruh organiasasi kelembagaan seperti LSM, OKP dan Ormas menggelar Musda, supaya lebih jelas statusnya.

"Kita minta semua LSM, OKP, atau Ormas yang ada di Kabupaten Lingga lebih memperjelas statusnya. Kita akan melakukan penertiban dalam waktu dekat ini," kata Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar S.Sos, Rabu.

Menurut Nizar, dari data yang dimiliki kantor Kesbangpol Lingga, banyak Lembaga kemasyarakatan yang ada namanya, tapi tidak diketahui keberadaannya, baik itu alamat kantor hingga struktur kepengurusan.

"Kita tidak ingin nanti bantuan pemerintah kepada LSM atau OKP tidak tepat sasaran. Kita minta lah, kepada mereka (pengurus kelembagaan) untuk menggelar kembali Musda. Bentuk kepengurusan yang jelas," ungkap Nizar.

Dia juga meminta setiap lembaga untuk mengurus kembali status masa aktif organisasi yang sudah kadaluwarsa.

"Status aktif itu ada masa berakhirnya. Kalau yang sudah kadaluwarsa, diurus kembali lah," terang Wakil Bupati, yang  cukup aktif dalam kepengurusan organisasi kelembagaan seperti itu.

Dia mengharapkan dengan penertiban ini dapat membuat LSM atau Ormas lebih profesional.

Bahkan, diharapkan kedepannya lahir lembaga-lembaga yang mengusung visi misi sosial kemasyarakatan, seperti lembaga kepedulian hak anak, kebudayaan, atau lingkungan hidup.

"Jangan monoton. Hanya LSM kontraktor saja seperti yang ada kebanyakan, banyak sisi lain yang membutuhkan kepedulian kita," tutupnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE