Pemkot Batam Salurkan Honor Kader Posyandu

id Pemkot,Batam,Honor,Kader,Posyandu

Janji saya ke ibu-ibu sekalian pada 2016 naik Rp250.000. Insya Allah proses ini akan saya kontrol sendiri supaya janji saya terkabul
Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menyalurkan honor untuk 3.278 orang kader Posyandu dan kader kelurahan sebagai penghargaan atas pengabdiannya kepada masyarakat.

"Kader Posyandu ini sangat berjasa kepada generasi penerus," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Kamis.

Setiap kader Posyandu mendapatkan honor Rp150.000 per bulan, yang diberikan sekali dalam setahun.

Wali Kota mengatakan sejatinya Pemkot berniat untuk meningkatkan honor kader Posyandu, tapi karena anggaran pemerintah defisit, maka janji saat kampanye itu harus ditunda.

"Janji saya ke ibu-ibu sekalian pada 2016 naik Rp250.000. Insya Allah proses ini akan saya kontrol sendiri supaya janji saya terkabul," kata dia.

Menurut dia, peran Posyandu penting bagi masa depan negara, karena memastikan setiap anak generasi mendatang mendapatkan imunisasi lengkap, agar bisa tumbuh sehat hingga dewasa.

"Hari ini jangan pernah berpikiran seperti 50 tahun lalu, dulu orang tua kita berpikir yang penting lahir lengkap sudah. Tapi sekarang harus sehat, pintar. Itu tugas kader Posyandu," kata Rudi.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota mengingatkan petugas tidak memotong honor kader Posyandu. Jika kader ingin memberikan uang, maka disalurkan setelah honor diterima penuh.

"Jangan pernah dipotong di depan. Serahkan dulu semua baru kalau mau ada iuran sumbangan dan lain-lain setelahnya. Gunanya menghindari masalah hukum," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Koperasi dan UKM Kota Batam Pebrialin menyatakan honor diberikan sebagai penghargaan dari yang selama ini turut berperan serta dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

"Sebagai motivasi dan semangat shga mereka terus lakukan kegiatan positif di Posyandu," kata dia.

Di Batam terdapat 450 unit Posyandu, dan tiap Posyandu terdapat tujuh orang kader. Selain itu juga terdapat 120 kader kelurahan siaga. Dan semuanya akan menerima honor dari pemerintah.

"Pola penyaluran melalui rekening. Tidak dari tangan ke tangan. Kami bekerjasama dengan Bank Riau Kepri," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE