Batam Optimistis Capai Target 1,82 Juta Wisman

id Batam,wisata,Target,kunjungan,Wisman,wisatawan,mancanegara

Kami yakin target 1,82 juta wisman ke Batam untuk memenuhi target 12 juta wisman di seluruh Indonesia bisa tercapai berdasarkan statistik yang kami hitung dalam tiga bulan terakhir
Batam (Antara Kepri) - Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam Kepulauan Riau optimistis kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 1,82 juta sepanjang 2016, sesuai dengan target yang ditetapkan Kementerian Pariwisata.

"Kami yakin target 1,82 juta wisman ke Batam untuk memenuhi target 12 juta wisman di seluruh Indonesia bisa tercapai berdasarkan statistik yang kami hitung dalam tiga bulan terakhir," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Minggu.

Pada data Januari-Maret, Dinas pariwisata mencatat terjadi peningkatan angka kunjungan sebesar 10 persen atau bertambah sekitar 30.000 kunjungan tiap bulan, sesuai dengan perhitungan target per bulan.

Sayang, Yusfa enggan menjelaskan angka kunjungan wisman sepanjang tiga bulan pertama 2016, karena tidak membawa data lengkap.

Ia mengatakan berdasarkan rencana yang disusun, maka angka wisman akan terus meningkat pada akhir tahun, terutama Desember dan Desember, agar target sepanjang tahun tercapai.

Pemkot menargetkan November dan Desember, angka kunjungan wisman melampaui 200.000. Rata-rata kunjungan sekira 150.000-180.000.

"Yang agak berat itu November dan Desember, karena selama ini belum pernah angka kunjungan mencapai 200.000 dalam satu bulan," kata dia.

Pemerintah bersama swasta sudah mempersiapkan sejumlah agenda untuk menyerap angka kunjungan, terutama pada November dan Desember.

Sekira Oktober atau November, di Batam akan dilaksanakan Musyawarah Marga Tionghoa se-Asia Pasifik.

"Itu diperkirakan menyerap wisman 2.000 orang, akan menambah angka kunjungan ke Batam," katanya lagi.

Selain itu, pada November-Desember, pemerintah kota juga menyusun sejumlah agenda tahunan dalam menyambut HUT Batam.

"Rasa optimis ini juga karena adanya kebijakan pemerintah yang mendukung kemudahan wisman, seperti bebas visa dan kemudahan untuk kapal yacht," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE