Tour de Barelang Suguhkan Pemandangan Gugusan Pulau

id Tour,Barelang,Pemandangan,Gugusan,Pulau,balap,sepeda,batam

Rute yang ditempuh lebih kurang 135 km. Di mulai dari pelabuhan internasional Sekupang menuju Jembatan Barelang sampai ke ujung pulau terakhir yang dihubungkan enam jembatan
Batam (Antara Kepri) - Balap sepeda Tour De Barelang di Kota Batam Kepulauan Riau, Sabtu-Minggu (14-15/5) menyuguhkan pemandangan laut, pantai dan gugusan pulau yang terdapat di bagian selatan Selat Malaka.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bata Yusfa Hendri di Batam, Jumat, mengatakan, Tour De Barelang akan melalui rangkaian enam Jembatan Barelang yang menghubungkan tujuh pulau, dengan panorama pulau-pulau di sekitarnya.

"Rute yang ditempuh lebih kurang 135 km. Di mulai dari pelabuhan internasional Sekupang menuju Jembatan Barelang sampai ke ujung pulau terakhir yang dihubungkan enam jembatan. Kemudian peserta berputar kembali ke arah jembatan pertama dan finis di Dendang Melayu," kata Yusfa.

Selain berolahraga, balap sepeda Tour De Barelang memang dirancang sebagai cara lain menikmati pesona alam bahari Batam.

Pada hari pertama, balap akan diikuti oleh sekitar 250 orang peserta yang berasal dari 20 negara. Dan di hari kedua, balapan peserta dibuat lebih santai dan dapat diikuti oleh keluarga.

Tour de Barelang dibagi menjadi empat kategori berdasarkan kemampuan pebalap memacu sepeda, yaitu kelas 40 km/jam, 30 km/jam, 20 km/jam, serta 15 km/jam dan pebalap perempuan.

Selain individu, balapan juga menyertakan kategori kelompok.

"Hari kedua, grand fondo diikuti 200 peserta. Ini sifatnya fun, bukan lomba. Rutenya hampir sama. Pesertanya bisa orang yang sama dan berbeda," Yusfa menerangkan.

Pemkot tidak menyiapkan hadiah uang tunai untuk pesepeda yang menyelesaikan balapan tercepat, hanya piala.

"Untuk hadiahnya, karena ini kegiatan kementerian, kami tidak menyiapkan uang tunai, hanya tropi dan medali finisher untuk setiap pembalap yang mencapai finis. Hadiah disiapkan komunitas olahraga Cycosport dari Singapura," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE