Lingga Bangun Kerjasama Inovasi Teknologi dengan LIPI

id Lingga,Kerjasama,Inovasi,Teknologi,LIPI

Lingga Bangun Kerjasama Inovasi Teknologi dengan LIPI

Caption: Bupati Lingga Alias Wello, menandatangani kesepakatan kerjasama penerapan inovasi teknologi bersama LIPI di Daik Lingga. (Antarakepri/Ardhi)

Seperti yang kita ketahui SDA kita besar, tapi belum dioptimalkan karena SDM kita masih minim. Dengan menggandeng LIPI kita berharap dapat memecahkan persoalan ini
Lingga (Antara Kepri) - Bupati Lingga Alias Wello mengharapkan jalinan kerjasama yang baru terbangun antara Pemkab Lingga dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menjadi momentum daerah tersebut dalam mengoptimalkan setiap potensi yang tersedia.

"Seperti yang kita ketahui SDA kita besar, tapi belum dioptimalkan karena SDM kita masih minim. Dengan menggandeng LIPI kita berharap dapat memecahkan persoalan ini," kata dia, saat penandatangan kerjasama penerapan inovasi teknologi bersama LIPI, di Daik Lingga, Kamis. 

Kabupaten Lingga, kata Aias Wello, saat ini tengah semangat-semangatnya mengusung misi pemanfaatan sumberdaya alam dibidang kelautan, perikanan dan pertanian. Hal ini sesuai dengan visi misi daerah membangun Kabupaten Lingga dengan konsep Agrominapolitan.

Selain itu, fokus pembangunan yang sedang berlangsung di daerah itu, yakni membangun ketahanan pangan dengan membuka persawahan, juga termasuk dalam misi menjadikan Lingga sebagai sentra pangan di Kepri. 

Untuk sementara ini, dengan konsep persawahan irigasi yang memanfaatkan space lahan terbatas, hanya dapat dicapai seluas 3.000 Hektar.

Jika dibantu penerapan teknologi dari LIPI, dimana tanaman padi bisa ditanami dengan berbagai macam pola termasuk ladang, maka Lingga akan benar-benar mampu menjadi sentra pangan Kepri. Karena lahan untuk dibangun ladang sawah masih cukup luas.

"Kami betul-betul merasa terbantu dengan kehadiran rombongan peneliti dari LIPI, karena akan memberikan kontribusi bagi pengembangan potensi di Kabupaten Lingga kedepannya," tuturnya.

Awe berharap, kerjasama dengan LIPI tersebut akan membawa manfaatnya besar bagi Kabupaten Lingga, serta senantiasa dapat menjalin kerjasama di semua sektor potensi daerahnya tersebut.

Sementara itu, Kepala Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof Dr Bambang Subianto, yang datang bersama tim ahlinya serta menandatangani kerjasama tersebut mengatakan, selama perjalanan dari Batam menuju Lingga, dirinya melihat potensi yang sangat besar dimiliki daerah tersebut.

"Seperti harapan kita semua, sepanjang perjalanan kita kesini, kita menyaksikan potensi alam yang luar biasa dimiliki daerah ini. Mudah-mudahan, dengan teknologi anak negeri yang kita punyai, dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Lingga," kata dia.

Namun dalam perjalanannya nanti, lanjut Bambang, pihaknya juga tidak bisa terus menerus menempatkan penelitinya untuk mendampingi masyarakat dalam penerapan teknologi. 

Dalam hal ini, Babang memiinta pemerintah daerah melalui SKPD dan lembaga-lembaga terkait agar menyiapkan SDM sebagai wadah transfer ilmu dari para ahli LIPI agar terus bergenerasi.

"Tidak memungkinkan bagi kita menempatkan orang-orang kita untuk terus berada di sini. Nanti bisa berkembang biak. Kita mengharapakan daerah menyediakan SDM sebagai wadah transfer ilmunya," tutur Bambang.

Terkait usaha Kabuapten Lingga menjadi sentra pangan Kepri, dikatakan Bambang, juga akan dapat di dorong dengan penerapan teknologi yang di miliki LIPI. Salah satunya dengan memanfaatkan pruduk pupuk cair temuan salah seorang ahli pertanian LIPI. 

Pupuk non kimia dengan memanfaatkan unsur mikroba tersebut, dapat meningkatkan hasil panen hingga satu setengah kali panen.

"Pupuk cair temuan Dr Anton ini bisa meningkatkan hasil panen dari 8 Ton/Hektar,  Menjadi 12 Ton/Hektar. Teknisnya biar dia saja yang menjelaskan, nanti dia marah kalau saya yang ngomong," ungkapnya dengan dibalut sedikit canda.

Terlepas dari hal itu, dia menambahkan, peran kerjasama LIPI dengan daerah juga ditujukan untuk membantu UKM dalam peningkatan hasil, melalui penerapan sejumlah teknologi.

"Sesuai dengan instruksi presiden, LIPI diharapakan berperan dalam mendorong peningkatan ekonomi daerah,. Beberapa teknologi juga di tujukan untuk membantu UKM meningkatkan hasilnya," tutupnya. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE