Pemkot Batam Tingkatkan Infrastruktur Pariwisata

id Pemkot,Batam,Infrastruktur,Pariwisata

Batam menargetkan kunjungan wisman 1,7 juta orang, dengan cara mempertahankan dan mengembangkan potensi lokal untuk kegiatan nasional maupun internasional, seperti lomba perahu layar yang biasanya di Tanjungpinang akan beralih ke Batam
Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen meningkatkan infrastruktur pariwisata di daerah ini untuk kenyamanan wisatawan mancanegara yang berkunjung.

"Perbaikan infrastruktur menjadi prioritas untuk kenyamanan bagi turis khususnya dari mancanegara," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, di Batam, Minggu.

Menurutnya, bila merasa nyaman maka diharapkan turis akan mempromosikan keunggulan Batam kepada yang lain untuk juga berkunjung ke kota itu.

Infrastruktur yang baik juga akan menjadi nilai tambah bagi penyelenggara acara untuk mengadakan event internasional di sana.

Pada akhirnya, infrastruktur yang baik mampu meningkatkan angka kunjungan wisman.

"Batam menargetkan kunjungan wisman 1,7 juta orang, dengan cara mempertahankan dan mengembangkan potensi lokal untuk kegiatan nasional maupun internasional, seperti lomba perahu layar yang biasanya di Tanjungpinang akan beralih ke Batam," kata dia.

Ia optimistis kegiatan balap sepeda Tour de Barelang yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Batam, Cycosports, dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI mampu meningkatkan jumlah wisman.

"Tour de Barelang mampu menarik minat turis mancanegara untuk berpartisipasi," kata dia pula.

Pemerintah juga sudah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk kegiatan balap yang menempuh jarak lebih dari 90 km itu.

"Selama Tour de Barelang, apa sih yang peserta lihat. Batam menjadi kota atau kampung, jadi kami sudah siapkan infrastrukturnya," ujar Rudi pula.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan penyelenggara sengaja memilih rute Tour de Barelang 2016 di area publik yang mudah dijangkau masyarakat.    

Tour de Barelang diikuti lebih dari 200 pebalap yang berasal dari lebih 20 negara, dengan lima kategori yaitu berdasarkan kecepatan 40 km/jam, 30 km/jam, 20 km per jam, 15 km/jam, perempuan dan gran fondo.

Kategori 40 km/jam, 30 km/jam, dan 20 km/jam serta kategori perempuan mengambil rute Pelabuhan Internasional Sekupang, Jembatan Barelang 1,2,3 4,5 hingga 6, kemudian kembali lagi ke Jembatan 1.

Sedangkan untuk kategori 15 km/jam dan gran fondo mengambil rute Dataran Engku Putri ke Jembatan 1 hingga 6 dan kembali ke Jembatan 1.(Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE