Tingkat Kesadaran Pendidikan Warga Pulau Lengkuang Meningkat

id Tingkat,Kesadaran,Pendidikan,batam,Warga,Pulau,Lengkuang,Meningkat

Kalau dulu orang tua berpikir untuk melanjutkan pendidikan anaknya, karena biaya transportasi yang mahal, sekarang sudah ada kapal dari pemerintah
Batam (Antara Kepri) - Tingkat kesadaran warga Pulau Lengkang, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam Kepulauan Riau akan pentingnya pendidikan semakin meningkat, seiring dengan makin banyaknya warga yang melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Sekarang makin banyak warga yang menyekolahkan anak sampai tingkat yang lebih tinggi. Dulu, anak-anak pulau hanya sampai SD ini saja," kata guru SDN 05 Belakangpadang, Pulau Lengkang, Siti Zahra di Batam, Rabu.

Di pulau dengan sekira 200 kepala keluarga itu, hanya terdapat satu SD, tidak ada SMP dan SMA. Anak Pulau Lengkang yang hendak meneruskan sekolah ke SMP dan SMA harus menyeberang ke Pulau Belakangpadang.

Menurut Zahra, meningkatnya kesadaran pendidikan itu juga tidak lepas dari peran pemerintah menyiapkan kapal pelajar, yang digunakan untuk mengantar jemput anak sekolah.

"Kalau dulu orang tua berpikir untuk melanjutkan pendidikan anaknya, karena biaya transportasi yang mahal, sekarang sudah ada kapal dari pemerintah. Kalau dulu, hendak sekolah ke Belakangpadang, orang tua memikirkan untuk menyewa asrama, sekarang tidak perlu lagi," kata dia.

Perjalanan Pulau Lengkang dan Pulau Belakangpadang memakan waktu sekira 10 menit menggunakan kapal kayu bermesin.

Sementara itu, Ketua RT 03 RW 05 Pulau Lengkang, Ari menyatakan pemerintah memberikan dua kapal pelajar yang digunakan untuk mengangkut pelajar SMP dan SMA dari pulau itu ke Pulau Belakangpadang.

"Kapalnya dari pemerintah, dan untuk bahan bakar ada juga disubsidi sebagian, sebagian lain dari warga," kata dia.

Terpisah, Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata mengatakan Pemkot terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat pulau-pulau penyangga akan pentingnya pendidikan.

"Tentu tidak bisa begitu saja didorong, perlu juga distimulus dengan pemberian fasilitas, termasuk kapal untuk mengangkut pelajar," kata dia.

Selain kapal, pemerintah juga menyiapkan bus pelajar untuk mengangkut siswa pulau penyangga yang terhubung oleh enam jembatan Barelang. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE