Kemenhan Pupuk Nasionalisme Melalui Lomba Diskusi

id Kemenhan,kepulauan,riau,tanjungpinang,lantamal,kementerian,pertahanan,Pupuk,Nasionalisme,Melalui,Lomba,Diskusi

Untuk tahun ini ada beberapa perbedaan dengan tahun yang lalu baik pelaksanaan yang di daerah maupun di pusat sesuai edaran petunjuk lomba yang sudah dikirimkan bersama undangan peserta lomba
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kantor Kementerian Pertahanan Provinsi Kepulauan Riau memupuk rasa nasionalme pelajar dan mahasiswa melalui lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air.

Kepala Kantor Kementerian Pertahanan Provinsi Kepri Brigjen TNI (Mar) R Gatot Suprapto dalam sambutannya yang dibacakan Kolonel (Mar) Endjang, di Lantamal IV/Tanjungpinang, Rabu, mengatakan Parade Cinta Tanah Air salah satu program Kementerian Pertahanan RI untuk menyosialisasikan pesan pembentukan karakter kepada generasi muda.

Lomba kali ini diikuti 25 peserta SMU/SMK di Kepulauan Riau mengambil tema "Dengan Cinta Tanah Air Akan Tercipta  Generasi Muda Yang Mampu Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016".

"Untuk tahun ini ada beberapa perbedaan dengan tahun yang lalu baik pelaksanaan yang di daerah maupun di pusat sesuai edaran petunjuk lomba yang sudah dikirimkan bersama undangan peserta lomba," ujarnya.

Sebagai contoh, lanjutnya peserta lomba untuk satu tim terdiri dari dua orang, sedangkan tahun lalu satu tim tiga orang.

Sedangkan ditingkat mahasiswa yang lalu menulis artikel tahun ini sama seperti tingkat SLTA diskusi dan uji argumen.

Sementara materi di pusat ditambah dengan kegiatan fisik penyegaran baris berbaris, tata cara pengibaran bendera merah putih, kecakapan Saka Kartika, Saka Bahari, dan Saka Dirgantara, out bond dan wisata bela negara.

"Kegiatan nonfisik pengetahuan bela negara, bimbingan usaha kecil dan menengah, kegiatan tes akademik gratis bagi SLTA dan buat esai bagi mahasiswa," katanya.

Menurut dia, lomba tersebut diharapkan mampu menumbuhkembangkan kemampuan berargumen secara lisan dan tulisan dalam rangka membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara dalam rangka menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Kegiatan Diskusi Parade Cinta Tanah Air akan dilaksanakan selama dua hari 25-26 Mei 2016, serta didukung tim juri dari kalangan akademisi, Dinas Pendidikan dan dari TNI," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE