Warga Pulau Harap Dukungan Pemerintah Kembangkan Olahraga

id Warga,Pulau,Harap,Dukungan,Pemerintah,Kembangkan,Olahraga,batam,belakang,padang

Hanya perlu arahan dan bimbingan. Kalau kemampuan, kami rasa anak pulau sudah memilikinya
Batam (Antara Kepri) - Warga pulau penyangga Kota Batam Kepulauan Riau mengharapkan dukungan pemerintah untuk mengembangkan olahraga, khususnya olahraga air, di pesisir.

"Karena sesungguhnya banyak warga pulau yang memiliki bakat dan kemampuan di olahraga air," kata tokoh masyarakat Pulau Lengkang, Jasman di Batam, Rabu.

Ia yakin, banyak anak pulau yang memiliki potensi olahraga air seperti layar, dayung, renang dan lainnya.

Anak pulau terbiasa hidup di tengah-tengah perairan. Sejak membuka mata bangun tidur hingga memejamkan mata tidur kembali, anak pulau berhadapan dengan air, sehingga mendayung dan berenang sudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Dengan sentuhan dari pemerintah, ia yakin, banyak atlet olahraga air lahir dari pulau-pulau penyangga.

"Hanya perlu arahan dan bimbingan. Kalau kemampuan, kami rasa anak pulau sudah memilikinya," kata dia yang pernah menjadi atlet Sea Eagle Boat.

Ia bercerita, dulu pemerintah sempat memberikan perhatian pada olahraga sea eagle boat (dragon boat race) Pulau Lengkang, dan hasilnya Tim Batam Merah sempat menjadi tim yang disegani di regional.

Namun kini, perhatian pemerintah berkurang. Jumlah pertandingan olah raga adu cepat itu pun juga menurun, sehingga kesempatan untuk unjuk kekuatan semakin sedikit.

Meski begitu, atlet Sea Eagle Boat Pulau Lengkang tetap berlatih setiap hari di sekitar Pulau Belakangpadang.

"Mereka kini berlatih untuk mewakili Kepri," kata dia saat menonton atlet latihan di Perairan Belakangpadang.

Mantan atlet Sea Eagle Boat Race lainnya, Ari, mengatakan sejatinya anak pulau memiliki potensi untuk menjadi atlet olahraga air. Yang dibutuhkan hanya fasilitas dan dukungan pemerintah.

"Seperti layar, kami yakin anak kami mampu. Tapi alatnya itu yang mahal," kata dia.

Anak pulau juga memiliki motivasi yang kuat dan tidak sulit untuk dilatih.

Ia berharap Pulau Lengkang dan sekitarnya dapat dijadikan pusat pelatihan olahraga air, karena banyak anak pulau yang dapat dididik dan dilatih.

"Apalagi kami dekat, tinggal panggil, anak-anak langsung ke luar untuk berlatih," katanya.

Ari mengenang saat perhatian pemerintah pada olahraga Sea Eagle Boat besar, atlet asal Pulau Lengkang kerap menjadi perwakilan Kota Batam dan Kepri di kancah nasional dan regional.

"Dulu, lawan takut kalau sudah mendengar Tim Batam Merah turun. Kami memenangkan seluruh pertandingan," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE