Rute Batam-Benan-Tenam Aktif Awal Juni

id Rute,Pelayaran,Domestik,Batam,Benan,Seitenam,Lingga,Aktif,Juni

Izin rute pelayarannya sudah. Rencananya, pelayaran perdana akan diresmikan oleh Pak Bupati per 1 Juni mendatang
Lingga (Antara Kepri) - Rute Pelayaran domestik Batam-Benan-Sei Tenam Lingga direncanakan aktif mulai 1 Juni 2016, kata Kepala Bidang Laut Dishubkominfo Lingga, Selamat.

"Izin rute pelayarannya sudah. Rencananya, pelayaran perdana akan diresmikan oleh Pak Bupati per 1 Juni mendatang," kata dia, di Pelabuhan Sungai Tenam Daik Lingga, Minggu.

Dijelaskan Selamat, rute baru tersebut akan dilayani oleh armada fery Istiqomah, pulang-pergi (PP) setiap harinya.

Diperkirakan, durasi perjalanan dari Batam ke desa wisata Benan, sekitar 1 jam. Kemudian dilanjutkan ke Sungai Tenam Daik Lingga, 1 jam 30 menit.

"Total waktu perjalanan dari Batam ke Lingga sekitar 2 jam 30 menit. Ini sangat efektif untuk memperpendek jarak dan waktu dari Pulau Lingga ke Batam," tutur Selamat.

Selain rute tersebut, Pelabuhan Sei Tenam juga akan dilengkapi rute pelayaran domestik ke Tanjungpinang (TPI).

"Untuk ke TPI, sementara akan dilayani kapal regular TPI-Daik Lingga yang sudah ada. Jadi hanya penambahan transit pada rute sebelumnya," ungkap Selamat.

Hal senada juga disampaikan Bupati Lingga Alias Wello, saat meninjau lokasi pelabuhan Sungai Tenam.

Menurut Alias Wello, upaya untuk segera mengaktifkan Pelabuhan Sungai Tenam tersebut mengingat kebutuhan regulasi transportasi laut masyarakat yang meningkat jelang Idul Fitri bulan Juli mendatang.

"Juni ini akan kita aktifkan segera. Ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan konektivitas antar Kabupaten Lingga dengan daerah lainnya," tutur Alias Wello.

Selain alasan tersebut, upaya membuka rute pelayaran regular dari Batam-Benan-Sei Tenam Lingga juga untuk mempercepat tumbuhnya sektor pariwisata di Kabupaten Lingga.

Selama ini, Batam yang menjadi pintu masuk utama pariwisata Kepri, belum memiliki akses transportasi langsung ke pulau wisata Benan Lingga.

"Ini akan semakin mempercepat tumbuhnya ekonomi di Kabupaten Lingga," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE