Seorang ASN Lantamal IV Terindikasi Gunakan Narkoba

id ASN,Lantamal,Narkoba,tes,urine,bnn,tanjungpinang,kepri

Masih menunggu hasil pendalaman dari BNN dan Diskes Lantamal IV. Bila terbukti positif, maka tindakan sidang tabiat dan paling terburuk pemecatan
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Satu dari 372 Aparatur Sipil Negara (ASN) Lantamal IV/Tanjungpinang yang menjalani tes urine terindikasi menggunakan narkoba.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S Irawan, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan Badan Narkotika Nasional (BNN) masih melakukan pendalaman terhadap pemeriksaan urine ratusan ASN tersebut, termasuk salah seorang di antaranya yang terindikasi menggunakan narkoba.

"Masih menunggu hasil pendalaman dari BNN dan Diskes Lantamal IV. Bila terbukti positif, maka tindakan sidang tabiat dan paling terburuk pemecatan," ujarnya.

Lantamal IV bekerja sama dengan BNN untuk melakukan tes urine terhadap ratusan ASN di lingkungan Lantamal IV tadi pagi hingga siang hari. Kegiatan diikuti oleh seluruh prajurit mulai dari tamtama hingga berpangkat perwira, dan ASN.

Irawan serta jajaran asisten dan kadis juga mengikuti pemeriksaan urine. Tindakan itu dilakukan sebagai wujud dari komitmen Lantamal IV untuk memerangi narkoba.

"Sesuai dengan komitmen TNI Angkatan Laut untuk perang terhadap narkoba, maka Lantamal IV dan jajaranmya dalam waktu dekat juga akan menandatangani fakta integritas kesepakatan prajurit dan ASN Lantamal IV bebas narkoba," ujarnya.

Irawan mengemukakan peredaran serta penyalagunaan narkotika dan zat adiktif lainnya yang dikenal dengan narkoba di Indonesia sudah marak. Bahkan narkoba tidak hanya di kota besar, melainkan sampai ke pelosok-pelosok desa.

"Hampir setiap saat berita-berita di media elektronik dan cetak muncul berita penyalagunaan narkoba. Hal ini tentunya menjadi suatu ancaman yang sangat serius  bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia di masa mendatang," tegasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan BNN Provinsi Kepri AKBP Ahmad Yani mengatakan sejak tahun 2015 pemimpin nasional telah mencanangkan "Indonesia Darurat Narkoba¿.

"Narkoba mampu mengubah perilaku manusia, efek yang pertama kali diserang adalah otak dan akan ketergantungan. Saat ini di Kepri peredaran narkoba yang masuk diseludupkan lewat laut untuk itu tugas kita bersama, khususnya Lantamal IV sebagai garda terdepan  turut serta membantu BNN memberantas peredaranya," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE