Dinas Sosial Karimun Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

id Dinas,Sosial,Karimun,Salurkan,Bantuan,Korban,Kebakaran

Dinas Sosial Karimun Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Karimun Syafruddin AR (kanan) dan Pelopor Perdamaian Kemensos menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di Sepedas, Pasir Panjang, Sabtu (11/6) (antarakepri.com/Rusdianto)

Bantuan yang diberikan setidaknya meringankan mereka yang masih kebingungan dengan musibah yang datang tiba-tiba
Karimun (Antara Kepri) - Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di permukiman penduduk di Sepedas, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Sabtu.

"Bantuan ini merupakan bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang dialokasikan untuk korban bencana alam, termasuk musibah kebakaran," kata Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinsos Karimun Syafruddin AR di sela penyerahan bantuan di Pasir Panjang, Meral Barat.

Syafruddin mengatakan, bantuan diserahkan kepada enam kepala keluarga yang rumahnya hangus terbakar pada Kamis (9/6) pagi yang lalu.

Adapun jenis-jenis bantuan yang disalurkan antara lain beberapa jenis makanan dan lauk-pauk siap saji dalam kemasan kaleng, peralatan rumah tangga seperti selimut, tikar, peralatan dapur dan lainnya.

Menurut dia, bantuan yang diberikan nilainya memang tidak seberapa dibandingkan kerugian yang dialami para korban, namun setidaknya dapat membantu mereka untuk keperluan yang bersifat instan.

"Bantuan yang diberikan setidaknya meringankan mereka yang masih kebingungan dengan musibah yang datang tiba-tiba," katanya.

Dinsos Karimun, lanjut dia, menyiapkan persediaan bantuan tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk disalurkan terhadap korban bencana alam.

"Persediaan untuk bantuan masih tersedia di gudang. Kami juga bisa dengan segera meminta kepada pemerintah provinsi jika persediaan sudah habis," ucapnya.

Ia juga mengatakan, Dinsos akan menyerahkan bantuan berupa beras yang dialokasikan pemerintah kabupaten untuk korban bencana.

Namun demikian, pihaknya akan mendata ulang jumlah jiwa pada setiap keluarga yang rumahnya terbakar.

"Beras yang akan kita berikan diberikan per jiwa, makanya kita hitung dulu berapa jiwa dalam satu keluarga," ucapnya.

Mengenai bantuan dana untuk membangun rumah yang terbakar, Syafruddin mengatakan pos anggarannya berada di sekretariat kabupaten, dan bisa diajukan oleh pemilik rumah.

"Pos anggarannya bukan di kami, tapi kami akan keluarkan rekomendasi untuk pengajuannya," ujarnya.    

Salah seorang korban kebakaran Maisarah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan tersebut.

"Kami merasa terbantu, semua perabotan dan peralatan rumah tangga tidak ada yang selamat. Semua hangus terbakar," katanya.

Ketua RW 06 Kampung Sepedas Firmansyah juga mengapresiasi pemerintah daerah yang cepat menyalurkan bantuan yang sifatnya kebutuhan sehari-hari.

"Enam rumah yang terbakar, semuanya hangus tidak ada yang bisa diselamatkan. Jadi, bantuan peralatan dapur, lauk pauk tentu dibutuhkan oleh warga saya yang rumahnya terbakar," kata Firmansyah. (Antara)

Editor: F.C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE