Pemkot Tanjungpinang Fasilitasi Produk UMKM Masuk Hypermart

id Pemkot,Tanjungpinang,Fasilitas,Produk,UMKM,usaha,mikro,kecil,menengah,Hypermart

Pemkot Tanjungpinang Fasilitasi Produk UMKM Masuk Hypermart

Kepala Disperindag PM dan Ekraf Tanjungpinang Suyatno. (antarakepri.com/Saud)

Hal ini akan kami tindaklanjuti, untuk mengetahui aturan dari Hypermart terhadap produk UMKM. Seandainya ada syarat yang masih kurang, seperti pada kemasan produk
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Tanjungpinang memfasilitasi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  masuk market Hypermart di Tanjungpinang City Center (TCC).

"Pada kesempatan ini, kami coba fasilitasi supaya produk UMKM dapat masuk di Hypermart,"kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal (Disperindag Ekraf dan PM) Kota Tanjungpinang Suyatno di Tanjungpinang, Selasa.

Usai memberikan sambutan dalam Program Kemitraan Toko Modern Dengan Pelaku Usaha UMKM di  Dinsosnaker Tanjungpinang(14/6), Suyatno mengakui bahwa program kemitraan antara Hypermart dengan UMKM Tanjungpinang ini merupakan program  yang diatur dalam Permendag No 70 tahun 2013, mengenai kewajiban toko modern untuk memasarkan produk UMKM.

"Hal ini akan kami tindaklanjuti, untuk mengetahui aturan dari Hypermart terhadap produk UMKM. Seandainya ada syarat yang masih kurang, seperti pada kemasan produk. Maka, syarat itulah yang kami coba fasilitasi untuk menyelesaikannya," ucap Suyatno.

Disperindag Ekraf dan PM Kota Tanjungpinang juga akan memverifikasi kembali jumlah UMKM yang ada di Tanjungpinang, untuk dapat dibina agar produk yang dihasilkan dapat dipasarkan melalui Hypermart.

"200 UMKM di Tanjungpinang sekarang ini akan kami verifikasi kembali, untuk mengetahui apakah masih aktif atau tidak,"ujar Suyatno.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Operasional Hypermart Slamet mengatakan, produk UMKM dapat masuk ke Hypermart dengan beberapa syarat legalitas.

"Izin edar, PIRT, BPOM, label halal, dan sebagainya. Intinya, Hypermart tetap menyediakan space untuk produk UMKM," ujar Slamet.

Tentunya hal tersebut harus dikoordinasikan dengan pemerintah daerah terkait, sehingga akan ada kerja sama antara Hypermart dengan pelaku UMKM. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE