Kedatangan Jokowi Disambut Hujan Lebat

id Kedatangan Jokowi Disambut Hujan Lebat

Kedatangan Jokowi Disambut Hujan Lebat

Presiden bagikan buku kepada anak-anak dari mobil kepresidenan dalam rangkaian kunjungannya ke Natuna, Kamis (23/6). (antarakepri.com/Zam Jambak)

Kedatangan Jokowi ke Natuna adalah untuk melihat langsung keamanan Laut Cina Selatan
Natuna (Antara Kepri) - Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Natuna disambut hujan lebat. Jokowi tiba di Natuna sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan pesawat Kepresidenan bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja, Kamis.

Kedatangan Jokowi ke Natuna adalah untuk melihat langsung keamanan laut yang mana sekarang ini kondisi dan situasi laut yang berbatas langsung dengan Laut Cina Selatan yang semakin panas setelah kapal nelayan Tiongkok di tembak TNI AL karena mencuri ikan di laut Natuna tanpa izin.

Tak banyak informasi yang diterima dari Presiden Jokowi karena ketatnya pengawalan yang di lakukan oleh aparat kemanan juga pasukan pengaman presiden.

Pantauan di lapangan, setelah beberpa lama Jokowi menginjakkan kaki di Natuna hujan deras  mulai mengguyur. Lebih dari 2 jam hujan tak henti-hentnya turun. Paket sembako yang akan di bagikan oleh Jokowi semula berjejer rapi di lapangan samping pos bandara Ranai di Penagi harus ditutuprapat dengan terpal agar tak basah.

Paspampres dan anggota TNI tampak sibuk tak lama kemudian hujan sedikit mulai reda. Meski hujan mulai reda tak menyurutkan niat Jokowi untuk menyambangi warga yang sudah dari pagi menunggu kedatangannya.

Tak hanya warga dewasa juga tampak banyak anak-anak. Mereka saling mendahului menyambut kedatangan orang nomor 1 di RI ini. Banyak di antara mereka yng minta foto bersama juga hanya untuk bersalaman saja.

Terpisah. sebelum kedatangan Presiden, Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai sudah memprediksi jika Natuna akan di guyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Prakirawan BMKG Ranai, Asrull mengatakan potensi hujan berkisar(peluang) 30-50%, Berpotensi hujan ringan terjadi di wilayah
Natuna pada pagi hari. Kemudian pada siang hingga sore hari berkisar 20-40%.

"Siang hingga sore hari. secara umum kondisi awan masih cukup banyak terutama pagi dan siang hari, potensi hujan bersifat lokal dan menimbulkan guntur/petir di tempat tertentu," kata dia.

Untuk gelombang laut, kata dia pagi berkisar 0.25 hingga 1.5 M eter. Siang hari berkisar 0.50 hngga 1.5 M eter.. Sedangkan malam hari masih sama berkisar  0.25 hingga 1.5 Meter.

Sedangkan arah dan kecepatan angin pada pagi hari berhembus angin barat daya arah barat dengan lkecepatan berkisar 10 hingga 20 KM perjam, begitujuga sore dan malam hari.

Suhu udara terang dia, berkisar 24.0'C hingga 31.0'C dengan kelembaban 70 hingga 90 persen.. Jarak pandang berkisar  7 hingga 10 KM Dengan demikian kata dia BMKG Ranai merekomendasikan cuaca dalam keadaan buruk. Diharapkan kepda warga dan nelayan untk selalu berhati-hati.

"Tetap waspada terhadap awan CB( awan gelap dan tebal ) karna dapat menimbulkan hujan lebat, guntur disertai petir dan angin kencang yang menyebabkan terjadinya gelombang laut tinggi secara tiba-tiba," kata Asrul.

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE