BNN Kepri Periksa Urine Kru Pesawat-Kapal

id bnn,kepri,periksa,urine,kru,pesawat,kapal

Batam (Antara Kepri) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri memeriksa urine kru pesawat dan kapal di Batam untuk memastikan tidak akan ada seorang pun dibolehkan bertugas bila positif mengonsumsi narkoba.
        
"Kami ingin memastikan seluruh kru pesawat dan kapal bebas dari segala jenis narkoba. Maka tes ini kami lakukan," kata Kepala BNN Kepri, Kombes Pol Benny Setiawan di Batam, Jumat.
        
Dalam kegiatan tersebut, kata dia, 206 orang yang menjalani tes urine di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Pelabuhan Internasional Batam Centre, Pelabuhan Sekupang dan Telaga Punggur.
        
Di Pelabuhan Internasional Batam Centre, terdapat satu orang yang diindikasikan positif. Namun ternyata sedang sedangbatuk dan mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter sehingga tidak direhabilitasi.
        
"Ini juga sebagai bentuk antisipsi supaya selama kegiatan mudik ini tidak terjadi kecelakaan yang dikarenakan pilot, nahkoda, atau kru lain menggunakan narkoba," kata dia.
        
Berdasarkan data dari BNNP Kepri di Bandara Internasional terdapat 57 orang yang tes urine 20 orang laki-laki dan 37 perempuan terdiri dari pilot, pramugari/ra, dan petugas penerbangan lain.
        
Sementara di Pelabuhan Internasional Batam Centre yang melayani pelayaran Batam-Singapura dan Batam-Malaysia sample yang diambil sebanyak 47 orang. Sisanya dari Pelabuhan Sekupang dan Telaga Punggur.
        
Sebelumnya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Batam menginginkan agar selama musim Mudik-Balik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah tidak terjadi kecelakaan.
        
"Kami inginnya tahun ini zero kecelakaan. Makanya semua pihak harus mempersiapkan sebaik mungkin agar benar-benar siap melaksanakan mudik," kata dia.
        
Ia mengimbau agar pihak-pihak yang terkait dengan transportasi mengingkatkan pemeriksaan untuk meningkatkan keamanan masyarakat yang mudik.
        
"Untuk di bandara harus ditingkatkan pemeriksaan barang dan penumpang. Demikian juga pelabuhan dan transportasi darat," kata Jonan.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE