ASDP Batam Rapatkan Jadwal Keberangkatan Antisipasi Pemudik

id ASDP,Batam,Rapat,Jadwal,Keberangkatan,Antisipasi,Pemudik,lebaran,idul,fitri

Kami juga menyiagakan dua buah kapal cadangan. Jika dibutuhkan akan dioperasikan, jika tidak maka pelayanan dengan kapal reguler dengan jadwal dipadatkan
Batam (Antara Kepri) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Batam, Kepulauan Riau, akan merapatkan jarak keberangkatan kapal tujuan Tanjunguban Bintan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Biasanya jarak keberangkatan kapal sekitar 90 menit. Saat terjadi lonjakan akan dirapatkan menjadi sekali per satu jam (60 menit)," kata Kepala PT ASDP Cabang Batam Endin Juhaindi di Batam. Minggu.

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mengurai kepadatan yang selalu terjadi menjelang Lebaran hingga beberapa hari setelah Idul Fitri.

"Agar semua bisa diberangkatkan. Kalau tidak seperti itu dikhawatirkan akan menumpuk dan banyak tidak terangkut," kata dia.

Endin memprediksi kenaikan pemudik dengan kendaraan pribadi melalui Pelabuhan ASDP Telaga Punggur mencapai 15-20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami juga menyiagakan dua buah kapal cadangan. Jika dibutuhkan akan dioperasikan, jika tidak maka pelayanan dengan kapal reguler dengan jadwal dipadatkan," kata Endin.

Saat ini PT ASDP cabang Batam melayani pelayaran Telaga Punggur-Tanjunguban Batam setiap 90 menit sekali dengan jarak pelayaran 60 menit.

Selain itu juga melayani Telaga Punggur-Tanjung Balai Karimun sebanyak tiga kali sepekan dengan waktu pelayaran sekitar delapan jam.

Pelayaran lain adalah dari Telaga Punggur Batam menuju Pelabuhan Jagoh Dabo Lingga yang dilayani setiap sepekan sekali.

"Kami telah melakukan upaya antisipasi lonjakan dengan menambah kapal. Diharapkan kegiatan arus Mudik dan Balik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah bisa lancar," kata Endin.

Pelabuhan PT ASDP Batam juga akan menyediakan loket tambahan sehingga antrean saat hendak membeli tiket bisa terurai.

Saat ini pelabuhan tersebut juga terus melakukan pembenahan, seperti perluasan akses masuk untuk memperlancar kendaraan yang akan menyeberang. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE