Pemkot Batam Anugerahi Tiga Koperasi Terbaik

id Pemkot,Batam,Anugerah,Koperasi,Terbaik

Rehabilitasi merupakan langkah pembaharuan Koperasi yang diawali dengan pengelolaan dan pemutakhiran data koperasi, melalui 'Online Database System', dengan membekuan, membubarkan Koperasi yang tidak aktif
Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menganugerahi tiga koperasi berprestasi di kota itu, yaitu Koperasi Karyawan Jujur Makmur PT Flektronik, Kopkar Biro Klasifikasi Indonesia-Batam dan Koperasi Kesetiakawanan Sosial.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi dalam peringatan Hari Koperasi ke-69 Tingkat Kota Batam, Senin.

Tiga koperasi itu dinilai memiliki manajemen yang baik, menumbuhkan usaha, meningkatkan modal, juga menyejahterakan anggotanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wali Kota membacakan pidato Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gde Ngurah Puspayoya yang menyatakan koperasi membutuhkan reformasi total meliputi rehabilitasi, reorientasi, dan pengembangan.

"Rehabilitasi merupakan langkah pembaharuan Koperasi yang diawali dengan pengelolaan dan pemutakhiran data koperasi, melalui 'Online Database System', dengan membekuan, membubarkan Koperasi yang tidak aktif. Juga dilakukan penertiban koperasi melalui pengawasan terpadu dengan membentuk Deputi Pengawasan," kata dia.

Reorientasi juga perlu dilakukan sebagai upaya sistematis merubah paradigma dari pendekatan kuantitas menjadi kualitas.

Langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kualitas koperasi dengan membangun koperasi berbasis Informasi Teknologi (IT), dan melalui kerjasama dengan notaris yang sudah dapat dilakukan penerbitan akte koperasi secara "on line" (dalam jaringan).

Sementara pengembangan meliputi upaya mengkaji regulasi yang menghambat berkembang koperasi, memperkuat akses pembiayaan dengan menyiapkan Koperasi untuk menjadi penyalur KUR, pengembangan koperasi sektor riil khususnya yang berorientasi ekspor, padat karya dan memanfaatkan ekonomi digital.

Pada peringatan Hari Koperasi tingkat Kota Batam itu, Wali Kota menyerahkan dana bergulir kepada koperasi dan usaha kecil menengah secara simbolis.

Pada tahun ini, Pemkot Batam menyalurkan Rp4,8 miliar dana bergulir, sehingga total penyaluran mencapai Rp44 miliar. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE