Hang Nadim Siap Layani Penerbangan Haji

id Hang,Nadim,Penerbangan,Haji,bandara,batam,embarkasi

Semua fasilitas sudah memadai karena Hang Nadim merupakan salah satu bandara utama. Kami juga sudah menyiapkan dua ruang tunggu khusus bagi jamaah calon haji sehingga terpisah dengan penumpang umum
Batam (Antara Kepri) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam siap melayani penerbangan 21 kloter jamaah calon haji Embarkasi Batam dari sejumlah daerah di Kepri, Kalbar, Riau, dan Jambi.

"Kami sudah siap melaksanakan penerbangan haji. Tidak ada persiapan khusus karena fasilitas kami sudah sangat memadai," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Selasa.

Suwarso mengatakan Bandara Internasional Hang Nadim Batam memiliki fasilitas landas pacu hingga 4,025 kilometer sehingga bisa didarati seluruh jenis pesawat.

Hang Nadim juga dilengkapi dengan enam garbarata yang bisa digunakan untuk pesawat ukuran besar termasuk Boeing 747-400 yang digunakan untuk mengangkut jamaah calon haji.

"Semua fasilitas sudah memadai karena Hang Nadim merupakan salah satu bandara utama. Kami juga sudah menyiapkan dua ruang tunggu khusus bagi jamaah calon haji sehingga terpisah dengan penumpang umum," kata dia.

Jamaah calon haji yang akan dilayani dari Hang Nadim Batam berasal dari Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupten Karimun, Lingga, Bintan, Natuna, Anambas di Provinsi Kepri serta sejumlah wilayah di Provinsi Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Karena rata-rata jamaah calon haji berasal dari sejumlah pulau yang terpisah dari Batam, kata dia, maka Lion Air dan Sriwijaya Air akan menjadi maskapai pengumpan dari daerah asal ke Batam.

"Dua maskapai tersebut yang akan membawa jamah dari luar Batam menuju Batam sebelum terbang ke Arab Saudi. Setiap tahun memang sudah seperti itu, mengingat daerah asal jamaah haji berada pada pulau terpisah dari Batam," kata Suwarso.

Ia mengatakan sudah beberapa kali melakukan rapat dengan Kemenag Kepri dan pemangku kepentingan lain dalam penyelenggaraan haji 2016.

"Nantinya saat musim haji sudah mulai juga akan ditempatkan petugas medis dan petugas tambahan di Bandara Hang Nadim," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE