Karimun Terima Dana PKH Rp1,045 Miliar

id Karimun,Terima,Dana,dinas,sosial,PKH,program,keluarga,harapan

Kita berharap penerima dana PKH terus berkurang karena mereka sudah mapan secara ekonomi. Artinya, program ini sukses mengurangi angka kemiskinan
Karimun (Antara Kepri) - Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menerima dana Program Keluarga Harapan dari Kementerian Sosial untuk triwulan II 2016 sebesar Rp1,045 miliar.

"Dana sebesar itu sudah mulai kita salurkan secara bertahap dan kontinyu mulai pekan ini," kata Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Karimun Syafruddin Abdul Rohim di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Syafruddin menjelaskan, dana PKH tersebut disalurkan bagi 1.164 kepala keluarga (kk) keluarga sangat miskin, dan mulai disalurkan pada Rabu (27/7) untuk 98 kk di Kecamatan Buru, Meral 74 kk, Belat 147 kk dan Kundur Barat 198 kk.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kepada rumah tangga sasaran di Durai, Meral Barat, dan untuk empat kecamatan di Pulau Kundur diserahkan pada Sabtu (30/7).

"Kita serahkan dengan cara mengumpulkan penerima bantuan di kantor camat. Petugas dari kantor pos kita fasilitasi untuk menyerahkan bantuan tersebut," kata dia.

Penerima dana PKH triwulan II 2016, menurut dia, berkurang dibandingkan triwulan I yang berjumlah 1.181 kk.

Pengurangan tersebut, lanjut dia, disebabkan sebanyak 77 kk dinilai sudah mapan sehingga dicoret dari daftar penerima bantuan yang termasuk program pengentasan kemiskinan tersebut.

"Kita berharap penerima dana PKH terus berkurang karena mereka sudah mapan secara ekonomi. Artinya, program ini sukses mengurangi angka kemiskinan," ucapnya.

Dana PKH sebesar Rp1,045 miliar itu, lanjut dia, merupakan bantuan yang menyasar ibu hamil, pendidikan anak dan lansia dalam satu keluarga yang termasuk kategori miskin.

"Jika dirata-ratakan, maka setiap keluarga menerima dana sebesar Rp900.000. Namun dalam pelaksanaannya, pencairan dana disesuaikan dengan jumlah ibu hamil atau anak yang bersekolah," kata Syafruddin Abdul Rohim.  (Antara)

Editor: D Purnamawati

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE