Mantan Wawako Batam Jadi Menpan

id Mantan Wawako Batam Jadi Menpan

Mantan Wawako Batam Jadi Menpan

Ia juga seorang konseptor dan ketua Tim Pengkajian Free Trade Zone Batam pada 2000-2004
Batam (Antara Kepri) - Mantan Wakil Wali Kota Batam periode 2001-2005 Asman Abnur resmi diumumkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Rabu.

Pria kelahiran Pariaman, 2 Februari 1961 itu bukan nama baru dalam kancah politik nasional. Berdasarkan informasi dari situs pribadinya, karier Asman Abnur di dunia politik dimulai pada 2001. Saat itu ia menjadi anggota DPRD Kota Batam dengan  menempati Komisi B yang mengurusi perdagangan, pariwisata, dan industri.

Dibidang pemerintahan, selain menjadi wakil wali kota Batam yang saat itu berpasangan dengan Nyat Kadir, ia menjadi konseptor dan ketua Tim Pengkajian Free Trade Zone Batam pada 2000-2004.

Karier politiknya terus melejit menjadi anggota DPR RI pada periode 2004-2009 dan pada Pemilu 2014 ia kembali mewakili Kepri di DPR RI.

Di tingkat partai, Asman dipercaya sebagai Bendahara Umum Partai Amanat Nasional (2005-2010). Asman pun menjadi Wakil Ketua Umum PAN berdasarkan hasil munas partai pada 2015. Kini, pria kelahiran Pariaman, Sumatera Barat, itu ditunjuk menjadi Menpan-RB hasil reshuffle Kabinet Kerja jilid II.

Jejak suskses Asman sebagai pengusaha banyak ditemui di Batam, mulai dari Toko Mas Banda Baru, Toko Mas Banda Mas, Apotik Yanda Farma, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Bank Perkreditan Rakyat Syariah, Tempat Pusat Kebugaran (Fitnes, dan Lapangan Futsal), rumah makan serta masjid. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE