Siti Sarwindah Gantikan Asman Abnur di DPR

id Siti,Sarwindah,Gantikan,Asman Abnur,menteri,menpan,DPR,pan,kepulauan,riau,kepri,dapil

Catatan kami, peraih suara terbanyak urutan ke dua setelah Asman Abnur dalam PAN adalah Dra Siti Sarwindah Msi
Batam (Antara Kepri) - Politisi Partai Amanat Nasional, Siti Sarwindah diperkirakan akan menggantikan posisi Asman Abnur sebagai anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kepulauan Riau, berdasarkan peraihan suara terbanyak dalam Pemilihan Legislatif 2014.

"Catatan kami, peraih suara terbanyak urutan ke dua setelah Asman Abnur dalam PAN adalah Dra Siti Sarwindah Msi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kepri, Said Sirajuddin di Batam Kepri, Rabu.

Asman Abnur yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, pada Senin, dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, dan harus meninggalkan jabatan legislator.

Said menyatakan, sesuai aturan, maka mekanisme penetapan anggota DPR RI pengganti Asman harus melewati mekanisme administrasi, DPP PAN menyurati penggantian anggota DPR ke DPR RI, kemudian DPR menyurati ke KPU RI.

"Kemudian, KPU RI menunjuk berdasarkan peraihan suara terbanyak selanjutnya," kata dia.

Sesuai dengan ketentuan, Siti Sarwindah akan menggantikan posisi Asman Abnur, kecuali berhalangan tetap, dan digantikan calon anggota legislatif dengan suara terbanyak dari PAN, berikutnya.

Berdasarkan catatan, dalam Pemilihan Legislatif 2014, PAN memastikan mengutus perwakilannya ke DPR RI setelah mengumpulkan 12.939 suara, dengan suara terbanyak untuk Asman Abnur dengan 97.327 suara.

Siti Sarwindah memperoleh 4.615 suara, sedikit mengungguli Jufri Taufiq yang meraih 4.163 suara.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo melantik sejumlah menteri baru dalam pergantian kabinet, Rabu (27/7), satu di antaranya putra Kepri, Asman Abnur.

Karier politik Asman Abnur dimulai pada 2001, dengan terpilih sebagai anggota DPRD Kota Batam, lalu dilantik menjadi Wakil Wali Kota Batam hingga 2004.

Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Andalas itu kemudian ditugasi partainya untuk menjadi anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kepulauan Riau pada 2004-2009.

Lepas itu, PAN kembali menugaskannya menjadi anggota DPR RI, tapi kini dari Daerah Pemilihan Riau, hingga 2014.

Kecintaannya kepada Kepri membuatnya kembali mewakili Kepri dalam Pemilu Legislatif 2014, dan menjadi Wakil ketua Komisi IX, sebelum dilantik Presiden menjadi Menteri PANRB. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE