Peserta KKN Kebangsaan Kaji Potensi Pariwisata Bintan

id Peserta,KKN,Kebangsaan,Kaji,Potensi,Pariwisata,Bintan,kuliah,kerja,nyata,mahasiswa

Malang Rapat salah satu desa dengan potensi ekowisata dan wisata bahari yang luar biasa. Menarik bagi wisatawan
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sebanyak 15 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2016 mengkaji potensi pariwisata di Desa Malang Rapat, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Ketua Tim KKN Kebangsaan 2016 di Desa Malang Rapat, Syahdi Irfan, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan Bintan memiliki pulau-pulau dengan pemandangan yang indah, pasir putih dan laut yang bersih, dapat dikembangkan sektor pariwisata secara intensif.

"Malang Rapat salah satu desa dengan potensi ekowisata dan wisata bahari yang luar biasa. Menarik bagi wisatawan," katanya.

Sejak 25 Juli 2016, Syahdi dan 14 rekannya melakukan KKN di Desa Malang Rapat. Selama sebulan mereka akan berbaur dengan warga setempat dan melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan ekowisata, sesuai program yang telah ditetapkan Kemenristek Dikti.

Untuk memperdalam kajian terhadap potensi wisata di Malang Rapat, beberapa hari lalu, 15 mahasiswa itu itu mengunjungi Kantor Pariwisata Kabupaten Bintan.

"Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin silaturahim sekaligus berdiskusi dengan stakeholder Bintan khususnya di bidang pariwisata," ujarnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bintan Nurizal memberi apresiasi kepada mahasiswa dari 11 kampus negeri di Indonesia tersebut.

KKN Kebangsaan ini menunjukkan kepedulian mahasiswa terhadap potensi kemaritiman dan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan wilayah kedaulatan NKRI.

Sektor pariwisata di Bintan, kata dia berkembang pesat. Bahkan sumber pendapatan asli daerah terbesar di Bintan bersumber dari sektor pariwisata.

"Pemerintah selalu berupaya meningkatkan pengelolaan potensi wisata yang dimiliki Bintan," ucapnya.

Salah satu ekowisata yang sangat potensial adalah Pantai Trikora 3 dan 4 yang terdapat di Desa Malang Rapat. Pantai Trikora sudah menjadi salah satu destinasi Tour de Bintan yang diikuti oleh ribuan wisatawan mancanegara.

Tour de Bintan adalah salah satu agenda pariwisata terbesar yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Bintan bekerja sama dengan penyelenggara berskala internasional.

Selain Tour de Bintan, masih terdapat 35 agenda pariwisata besar lainnya yang berskala nasional dan internasional yang diadakan oleh pemerintah untuk mempromosikan potensi wisata Bintan.

"Panorama alam yang indah adalah kekuatan terbesar yang dimiliki oleh Bintan. Kekayaan dan keindahan lautnya memiliki nilai ekowisata tertinggi di Kepulauan Riau, bahkan Indonesia," ucap Nurizal.

Kendati memiliki potensi alam yang mempesona, dia mengatakan masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pemerintah seperti masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjadi agen sadar wisata.

Selain itu, masih banyak lahan kosong yang potensial menjadi objek wisata namun pemilik lahannya tidak berada di Bintan. Bahkan ada lahan yang tidak jelas siapa pemiliknya.

"Harapan kami, analisa mahasiswa KKN ini tidak hanya sampai di sini saja. Silahkan lanjutkan untuk satu bulan ke depan, kemudian buatkan butir-butir rekomendasi untuk kami pelajari," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE