KKN Kebangsaan Tetapkan Kampung Wisata di Bintan

id KKN,Kebangsaan,Kampung,Wisata,mahasiswa,Bintan,kuliah,kerja,nyata

Semuanya sangat bersemangat sekali untuk mengembangkan kampung baru menjadi kampung wisata
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan 2016 dari berbagai universitas di seluruh Indonesia menetapkan Kampung Baru yang berada di Desa Sebong Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, sebagai kampung wisata.

Dosen pembimbing lapangan KKN Kebangsaan di Kampung Baru, Desa Sebong Lagoi, Dian Prima Safitri, Kamis, mengatakan penetapan kawasan kampung wisata itu dilakukan dalam pertemuan dengan manajemen Bintan Resort Cakrawala (BRC) baru-baru ini, dan Kepala Desa Sebong Lagoi, Roslan.

"Kegiatan ini merupakan program lanjutan dari pertemuan pertama untuk membahas konsep kampung wisata di Kampung Baru," ujarnya.

Menurut dia, antusiasme mahasiswa, pihak BRC, dan warga setempat begitu luar biasa dalam membahas konsep kampung wisata. Hal ini terbukti dari diskusi yang saling terbuka dan saling berbagi ide, pengalaman dan pengetahuan.

"Semuanya sangat bersemangat sekali untuk mengembangkan kampung baru menjadi kampung wisata," ucapnya.

Manager Community Development BRC Maksum juga mengajak mahasiswa untuk tidak melihat kekurangan yang dimiliki Kampung Baru, tetapi mengkaji potensi atau pun keunggulan wisata yang dapat dikembangkan.

"Bila perlu jadikan kekurangan sebagai potensi bagi kawasan Kampung Baru," ujarnya.

BRC juga berkomitmen untuk membantu mengembangkan kawasan kampung baru jika konsep yang ditawarkan mahasiswa KKN Kebangsaan saling menguntungkan di antara kedua belah pihak.

Selain itu, dalam menyikapi permasalahan akses masuk ke Kampung Baru yang harus melewati Banyan Tree Hotels dapat dilakukan dengan adanya komunikasi antara masyarakat kampung baru dan pihak BRC.

"Kami menawarkan beberapa konsep kampung wisata kepada pihak BRC. Konsep tersebut di antaranya 'fishing, one night in kelong, snorkeling and diving, handicraft, home stay', dan konsep-konsep lainnya. Ini dapat menjadi sumber pendapatan warga." ujar Musa Al Fatih, Ketua Tim KKN Kebangsaan di Desa Sebong Lagoi.

Dia menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi cahaya harapan bagi masyarakat kampung baru dalam meningkatkan perekonomian dan menjadikan kampung baru lebih diperhatikan lagi oleh pihak-pihak terkait.

Selain itu, KKN Kebangsaan juga berharap kedepannya Kampung Baru dapat bertahan dan tetap ada, dapat mandiri, menikmati listrik 24 jam, akses jalan lebih baik, dan dapat menjadi percontohan bagi kampung-kampung di Indonesia khususnya Bintan sebagai kampung wisata.

Dia minta pihak BRC untuk dapat lebih membuka akses dan membantu masyarakat di Kampung Baru. Selain itu, peserta KKN Kebangsaan berharap masyarakat, pemerintah, dan BRC dapat saling bersinergi dalam menjadikan Kampung Baru sebagai kampung wisata.

"Hal ini dikarenakan Kampung Baru merupakan satu-satunya kampung yang berada di kawasan resort Lagoi, dan masih sangat kurang perhatian selama lebih dari 20 tahun lamanya," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE