PAN Karimun Percepat Penjaringan Bakal Calon Legislatif

id PAN,Karimun,Percepat,Penjaringan,Bakal,Calon,Legislatif,caleg,pemilu

Penjaringan bakal caleg kita lakukan lebih dini agar mereka memiliki waktu lebih lama untuk bersosialisasi kepada konstituen dan masyarakat di masing-masing daerah pemilihan
Karimun (Antara Kepri) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Kabupaten Karimun mempercepat penjaringan bakal calon anggota legislatif menyongsong pemilu 2019.

"Penjaringan bakal caleg kita lakukan lebih dini agar mereka memiliki waktu lebih lama untuk bersosialisasi kepada konstituen dan masyarakat di masing-masing daerah pemilihan," kata Ketua DPD PAN Karimun Anwar Abubakar pada sela-sela rapat konsolidasi bersama sejumlah kader partai dari empat kecamatan di Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, Minggu.

Anwar mengungkapkan, penjaringan bakal caleg akan dimulai setelah seluruh kepengurusan partai tingkat cabang atau kecamatan rampung.

Berdasarkan target yang ditetapkan, kata dia, kepengurusan partai tingkat cabang di 12 kecamatan sudah harus selesai dibentuk hingga Desember 2016.

Dengan demikian, lanjut anggota DPRD Karimun tiga periode itu, Badan Pemenangan Pemilu DPD PAN Karimun sudah bisa memulai kegiatan penjaringan bakal caleg pada Januari 2016.

Percepatan penjaringan bakal caleg, menurut dia, bertujuan untuk mengejar target empat kursi di DPRD Karimun, dan satu kursi di DPRD Provinsi Kepri.

Empat kursi di DPRD kabupaten, kata dia, diharapkan dapat diraih pada dapil Karimun satu kursi, dapil Meral-Tebing-Meral Barat satu kursi, dapil Kundur-Kundur Barat-Kundur Utara-Belat-Ungar dua kursi dan dapil Moro-Durai 1 kursi.

"Target tersebut bukan sesuatu yang mustahil. PAN Karimun pernah menjadi partai yang disegani dengan meraih tiga kursi, dan menempatkan satu kader sebagai wakil ketua. Waktu itu masuk posisi dua besar, sedangkan sekarang hanya masuk delapan besar dengan meraih dua kursi," kata dia.

Ketua Bappilu DPD PAN Karimun Ahmad Jambi mengatakan, dirinya justru optimistis partai berlambang matahari berlatar biru itu mampu meraih lima kursi di DPRD Karimun.

"Jika dilihat dari antusias kader dan simpatisan di Kecamatan Belat, maka saya optimistis bisa meraih satu kursi. Jadi, bisa lima kursi, dan satu kursi untuk provinsi," kata dia.

Ahmad Jambi mengatakan, penjaringan bakal caleg tahap awal diharapkan sudah selesai pada Mei 2017, dan selanjutnya ditindaklanjuti dengan seleksi tahap kedua.

Pihaknya sedang melakukan konsolidasi dan pembenahan kepengurusan di tingkat cabang, ranting hingga rayon.

"Target kami, semua kecamatan sudah memiliki kepengurusan baru pada Desember 2016, sesuai dengan target ketua, termasuk juga kecamatan pemekaran, yaitu Belat, Ungar dan Meral Barat yang diharapkan sudah memiliki pengurus DPC pada bulan yang sama," kata dia.

Rapat konsolidasi dengan kader partai dari empat kecamatan itu, yaitu Kecamatan Kundur, Kundur Barat, Ungar dan Belat membahas persiapan rencana pelaksanaan musyawarah cabang pembentukan kepengurusan baru. (Antara)

Editor: A Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE